Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini594
mod_vvisit_counterKemarin877
mod_vvisit_counterMinggu ini4535
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini18535
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033327

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 18.232.171.18
,
Hari ini: 23 Agus, 2019
Garam Gunung Desa Long Midang Krayan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Bachrian P   
Kamis, 01 Oktober 2015 11:15

Jika biasanya garam terdapat di pinggir pantai, maka beda cerita di Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara. Garam di sana justru ditemukan di ketinggian 900 mdpl yang jauh dari pantai. Begini ceritanya...


Ketika Penulis bersama tim Profesor Riset ke Krayan Tahun 2012 menetap selama 3 hari di Desa Long Midang, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, ada satu hal yang mencuri perhatian. Apalagi kalau bukan garam gunung.

Garam tersebut wujudnya seperti garam biasa dengan butiran-butiran garam yang berwarna putih dan rasanya asin.

Pertanyaannya, dari mana garam tersebut berasal?

"Garam itu berada dalam sumur dan hanya ada 2 (dua) sumur  dengan menggunakan kaleng cat air sumur ditimba untuk dikeluarkan. ujar Nando, pengelola sumur garam.

Nando menambahkan, garam gunung sudah ada sejak dulu dan digunakan sebagai bumbu masak. Suatu yang dianggapnya sebagai berkah dari Tuhan untuk suku dayak yang menetap di Desa Long Midang dan sekitarnya. Sebab, jarak dari sana ke pantai jauhnya ratusan kilometer.

Nando kemudian menjelaskan proses pembuatan garam gunung. Pertama, air garam akan ditimba dulu dan dimasukan dalam suatu wadah besar terbuat dari potongan drum.

Lalu dimasak dengan suhu yang sangat panas menggunakan kayu bakar, bisa sampai 100 derajat Celcius lebih. Lalu, air nya akan menguap dan garamnya akan mengeras dan menjadi kristal garam.

Rasa garamnya memang tak jauh berbeda dengan garam laut. Itulah, satu-satunya bumbu masak yang dipakai oleh masyarakat di Krayan. Mereka memakainya untuk membuat makanan lebih nikmat.

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com