Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini596
mod_vvisit_counterKemarin877
mod_vvisit_counterMinggu ini4537
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini18537
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033329

Online (20 menit yang lalu): 13
IP Anda: 18.232.171.18
,
Hari ini: 23 Agus, 2019
Teknologi Pascapanen Dari Kudapan Ringan Hingga Pengawetan Hasil Panen PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Admin   
Senin, 28 September 2015 15:17

Apa yang diperlukan Indonesia untuk memenuhi pangan dan energi bagi rakyatnya secara berkelanjutan? Bukan hal mudah untuk menjawabnya

Sama susahnya menjawab, bagaimana memberi makan 250 juta penduduk negeri ini. Dan 30 tahun lagi populasinya bakal mencapai 290 juta. Bagi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbang) jawabannya adalah Pertanian Bioindustri. Sebuah konsep yang perlu diterjemahkan menjadi program aplikatif yang melibatkan sebanyak mungkin stake holder terutama dunia usaha.

Buku ini hadir untuk menerjemahkan konsep Pertanian Bioindustri menjadi inovasi dan teknologi tepat guna yang aplikatif. Disajikan secara rinci mulai dari gambaran umum dalam bentuk pohon industri. Hilirisasi produk untuk setiap komoditas ditampilkan menyerupai cabang dan ranting sebuah pohon besar. Komoditas strategis seperti padi, jagung, kedelai, gula, dan daging maupun komoditas lainnya seperti bawang merah, cabe, dan kakao digambarkan dalam bentuk pohon industri.

Dengan buku ini masyarakat umum dimungkinkan memahami potensi luar biasa dari sumber daya pangan lokal yang menjadi kekayaan Indonesia dan memberikan sentuhan teknologi agar bernilai tambah. Buku ini melengkapinya dengan berbagai teknologi tepat guna yang mudah diaplikasikan oleh industri skala rumah tangga sekalipun.

Dengan begitu industri makanan berbasis pangan lokal bisa berkembang pesat dan disukai pasar. Berkembangnya industri berbasis pa-ngan lokal mendorong penguatan diversifikasi pangan masyarakat sehingga ketergantungan pada beras jauh menurun.

Sumber : Majalah Sains Indonesia Edisi 46

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com