Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini568
mod_vvisit_counterKemarin752
mod_vvisit_counterMinggu ini1977
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini15977
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1030769

Online (20 menit yang lalu): 18
IP Anda: 34.239.158.107
,
Hari ini: 20 Agus, 2019
Mewujudkan Kemandirian Pangan melalui Lahan Eks Tambang PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Selasa, 10 Maret 2015 06:25

Embalut, 5 Maret 2015, Demi memacu peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai menuju kemandirian pangan, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Ir. Hari Priyono, Msi, menghadiri rapat koordinasi Pangan Terpadu hortikultura se-kalimantan Timur.  Acara di buka langsung oleh Gubernur Kalimatan Timur (Awang Faroek Ishak) dan dihadiri oleh Pangdam VI Mulawarman (Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.IP) seluruh SKPD terkait, para Dandim, perwakilan dari universitas yang ada di Kalimantan Timur dan BPTP Kaltim.

Pencapaian target perlu dukungan dari semua pihak tidak hanya petani, tetapi TNI juga turut terlibat secara langsung sehingga dapat memacu petani dalam meningkatkan hasil produksi pertaniannya. Kementerian Pertanian juga mendukung perbaikan irigasi dan dukungan sarana produksi pertanian seperti pupuk, bibit/benih, pestisida dan alsintan.

Setelah menyaksikan penandatangan perjanjian Pencapaian UPSUS antara Gubernur dengan Pangdam VI Mulawarman, Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi Lahan Eks Tambang batubara di Desa Embalut, Kec. Tenggarong Seberang, Kab. Kutai Kartanegara. Kepala BPTP Kaltim, Dr. Ir. M.Hidayanto MP turut mendampingi serta memberikan penjelasan proses serta tantangan yang dihadapi selama mengelola lahan eks tambang untuk pertanian tersebut.

Pengelolaan Lahan eks tambang pada tahun pertama dan kedua  butuh kesabaran serta perlakuan khusus untuk memulihkan kadar unsur hara, sehingga di tahun ketiga dapat menghasilkan produksi pertanian yang baik. Kegiatan ini tentu saja dapat terlaksana dengan baik karena adanya kerjasama dengan Pemerintah Daerah, pihak perusahaan tambang dan kelompok tani,  jelas Hidayanto.

Perkembangan kegiatan di lahan eks tambang ini cukup mengesankan dan kelak dapat dijadikan sebagai agroteknopark. Kegiatan yang telah dilaksanakan ini harus dapat dituangkan dalam bentuk tulisan agar dapat dipelajari dan diterapkan di daerah lain sehingga kemandirian pangan dapat terwujud, ujar Hari Priyono.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Ir. Hari Priyono, Msi, didampingi Kepala BPTP Kaltim (Dr. M. Hidayanto, MP) di lokasi bekas tambang batubara Ds. Embalut - Kutai Kartanegara

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com