Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini178
mod_vvisit_counterKemarin934
mod_vvisit_counterMinggu ini2121
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir8165
mod_vvisit_counterBulan ini21600
mod_vvisit_counterBulan Terakhir30237
mod_vvisit_counterSemua hari1183392

Online (20 menit yang lalu): 13
IP Anda: 3.233.219.101
,
Hari ini: 20 Jan, 2020
Kala Matahari Terbit Di Garis Khatulistiwa (Sebuah Catatan Kerjasama BPTP Kaltim -J Power) PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Nur Rizqi B   
Rabu, 18 Februari 2015 06:34

Untuk kesekian kalinya Sebatik Room, Hotel MJ Samarinda menjadi saksi pertemuan antara J.Power (Electric Power Development Co. Ltd ) salah satu perusahaan negara matahari terbit “Jepang” dengan BPTP Kaltim, salah satu institusi pemerintahan negeri di garis khatulistiwa “Indonesia”. Pertemuan pada senin, 16 februari 2015 dihadiri oleh tim perwakilan J.Power dan peneliti serta beberapa karyawan BPTP Kaltim. Kerjasama yang telah berlangsung setahun terakhir, terkait dengan penelitian spesifik lokasi, dengan fokus kajian pada masalah pupuk dan lahan eks tambang batubara. Hal ini dikarenakan ranah borneo merupakan salah satu sentra pertambangan batubara, sehingga banyak lahan eks tambang yang menjadi tidak produktif untuk sektor pertanian, untuk itulah kerjasama ini dilakukan, agar lahan eks tambang yang tidak produktif untuk sektor pertanian, bisa di reproduktifkan lagi, sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih baik dan berkelanjutan.

BPTP Kaltim sebagai salah satu unit kerja Kementerian Pertanian dipercaya untuk melakukan penelitian terkait efektifitas penggunaan pupuk pada lahan eks tambang, dengan komoditas yang diujicoba meliputi  padi, jagung, dan kelapa sawit. Untuk itu pertemuan kali ini membahas laporan kegiatan tahap pertama yang telah digarap di Green House BPTP Kaltim, sehingga bisa diambil langkah selanjutnya terkait dengan pengelolaan lahan eks tambang.

Pada akhirnya, BPTP Kaltim pastinya akan memberikan hasil kajian yang terbaik, karena tidak saja merupakan suatu kebanggaan jika hasil riset tim BPTP Kaltim bisa diperhitungkan oleh pihak luar (read : J.Power – Jepang), melainkan juga hasil penelitian ini dipastikan akan membawa manfaat pada kesejahteraan masyarakat dan keberlangsungan sektor pertanian di Indonesia. Dan semoga kerja sama yang tetap akan berlanjut satu tahun kedepan bisa membawa kebaikan bagi kedua belah pihak, baik atas nama institusi (BPTP Kaltim-J.Power) maupun atas nama negara (Indonesia-Jepang).

Subete ga junchō ni narimasu yō ni..... gambate ....!!!

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com