Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini117
mod_vvisit_counterKemarin620
mod_vvisit_counterMinggu ini737
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5249
mod_vvisit_counterBulan ini14117
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1028909

Online (20 menit yang lalu): 7
IP Anda: 35.175.120.59
,
Hari ini: 18 Agus, 2019
Analisis Introduksi Teknologi Sapi Potong Terhadap Penigkatan Pendapatan Petani PDF Cetak E-mail
Oleh Nur Rizqi B   
Kamis, 11 Desember 2014 06:27

Terjadinya krisis moneter tahun 1997 menyebabkan kemerosotan perkembangan populasi sapi potong di Provinsi Kalimantan Timur. Akibat langsung adalah meningkatnya laju pemotongan sapi betina produktif dan apabila tidak diimbangi dengan peningkatan produktivitas dari ternak sapi tersebut, maka akan terjadi pengurasan populasi dan akibat-akibat lain yang tidak menguntungkan bagi pembangunan peternakan di Kalimantan Timur, disamping itu peningkatan pemasukan ternak setiap tahun cenderung semakin tinggi, dari 28.310 ekor tahun 1997 menjadi 40.312 ekor pada tahun 2010 justru makin melemahkan kondisi peternakan di Kalimantan Timur (Disnak Kaltim, 2010).

Untuk itu Kalimantan Timur perlu melakukan upaya peningkatan produktifitas sapi potong salah satunya melalui introduksi teknologi  sapi  potong, tujuannya taklain adalah untuk peningkatan pendapatan petani. Dengan adanya teknik pemeliharaan yang tepat, dalam hal ini pemeliharaan semi intensif memungkinkan ternak dapat beradaptasi jauh lebih cepat dibandingkan dengan sistem intensif. Karena, pada sistem semi intensif tingkat stres pada ternak dapat diminimalkan. Stress yang rendah pada ternak akan lebih dapat memacu pertumbuhan ternak.

Pada akhirnya analisis introduksi teknologi  sapi  potong terhadap peningkatan pendapatan petani, memberikan hasil bahwa teknologi introduksi penggunaan dedak padi pada penggemukan sapi potong semi intensif memberikan R/C tertinggi yaitu sebesar 1,84 dibandingkan dengan pola penggemukan yang lain. Dan hal ini bearti intoduksi teknologi sapi potong dapat memberikan peningkatan pendapatan pada petani.

artikel selengkapnya [pdf]

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com