Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini175
mod_vvisit_counterKemarin934
mod_vvisit_counterMinggu ini2118
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir8165
mod_vvisit_counterBulan ini21597
mod_vvisit_counterBulan Terakhir30237
mod_vvisit_counterSemua hari1183389

Online (20 menit yang lalu): 17
IP Anda: 3.233.219.101
,
Hari ini: 20 Jan, 2020
Memanfaatkan Singkong menjadi Mocaf (Modified Cassava Flour) PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Jumat, 05 Desember 2014 08:04

Makanan pokok yang sangat digemari oleh penduduk Indonesia selain beras adalah mie dan roti yang bahan baku berasal dari terigu. Kebiasaan dalam mengkonsumsi mie dan roti tentu saja mengakibatkan permintaan terigu juga meningkat. Indonesia merupakan salah satu negara pengimpor terigu yang cukup besar. Hal ini disebabkan pertanian gandum (bahan baku terigu) tidak dapat tumbuh dengan baik di Indonesia, karena gandum hanya dapat tumbuh di negara yang memiliki 4 musim (seperti  Australia, Kanada dan Amerika).

Ketergantungan terhadap terigu impor adalah tantangan yang perlu segera diatasi, salah satu solusi untuk mengatasi krisis  terigu di Indonesia adalah meningkatkan produksi produk substitusi terigu dan membiasakan konsumen rumah tangga untuk bergeser pada produk substitusi. Tepung mocaf (modified cassava flour) adalah produk inovasi bahan baku singkong menjadi tepung terigu yang memiliki karakteristik mirip dengan terigu yaitu lembut, putih dan tidak berbau singkong yang dapat mensubstitusi terigu 30 – 100 %. Bahan baku singkong tersedia melimpah dan murah di seluruh Indonesia, khususnya Kalimantan Timur yang terkenal dengan Singkong Gajah yang tentu saja sangat menguntungkan apabila kita dapat memanfaatnya.

BPTP Kaltim bekerjasama dengan Universitas Mulawarman mengadakan pelatihan pembuatan tepung mocaf, yaitu memodifikasi sel ubi kayu atau singkong melalui fermentasi. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 3 – 4 Desember 2014 di Kantor BPTP Kaltim yang diikuti oleh mahasiswa dari Universitas Mulawarman.  Mahasiswa tidak hanya diajari pembuatan tepung mocaf, tetapi mengolah tepung mocaf menjadi pangan yang sangat lezat yaitu bolu pandan mocaf dan nastar mocaf.

salah satu peserta pelatihan sedang ikut aktif membuat tepung mocaf

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com