Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
upg
Suplemen Sinta
pustaka
wbs
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini508
mod_vvisit_counterKemarin970
mod_vvisit_counterMinggu ini3977
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6692
mod_vvisit_counterBulan ini16768
mod_vvisit_counterBulan Terakhir24645
mod_vvisit_counterSemua hari1056205

Online (20 menit yang lalu): 14
IP Anda: 35.175.191.150
,
Hari ini: 19 Sep, 2019
Ubi Jalar, Alternatif Bahan Pangan Lokal yang Potensial PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Rabu, 26 November 2014 07:03

Kesukaan masyarakat terhadap ubi jalar yang rendah dapat ditingkatkan jika ubi jalar diolah menjadi produk yang lebih sempurna dan disukai oleh masyarakat. Demikian pula, harga ubi jalar yang rendah dapat ditingkatkan melalui peningkatan bentuk yang lebih sempurna. Pengolahan ubi jalar dengan peningkatkan keragaman produk pangan yang lebih sempurna dapat memberi nilai tambah dan mengangkat ubi jalar menjadi komoditas yang bernilai tinggi.

BPTP Kaltim mengadakan Temu Lapang “Pengembangan Pangan Lokal berbasis Ubi Jalar” yang dilaksanakan di Desa Embalut Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Jumat 21 November 2014 dihadiri sekitar 30 orang yang terdiri dari UPTD dinas Tanaman Pangan Kab. Kutai Kartanegara, PT. Kitadin serta Ibu – ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani Desa Embalut.

Dalam sambutan Kepala BPTP Kaltim menjelaskan bahwa Ubi Jalar dapat diolah menjadi beraneka bentuk olahan yang berdaya guna sehingga meningkatkan penghasilan juga kesukaan terhadap ubi jalar. BPTP Kaltim melakukan transfer teknologi atau cara pengolahan dari ubi jalar yang dibantu oleh mahasiswa dari Universitas Mulawarman. Ubi jalar diolah menjadi keminting, ilat sapi, gabin (yang merupakan makanan khas samarinda), brownis kukus dan bolu  marmer.

Selain rasa yang enak ubi jalar memiliki kandungan utama seperti Vitamin A, C, dan E, beta arotenm magnesium, kalium dan juga kaya oksidan. Ubi jalar juga mengandung tinggi magnesium, seng dan vitamin B. Ubi jalar juga terdaftar sebagai makanan yang baik untuk mengurangi gejala sakit secara efektif pada penderita kanker, diabetes dan autis.

Melalui kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan nilai produk dan ketrampilan dalam mengolah ubi jalar menjadi pangan yang menarik dan potensial untuk dikomersilkan , sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani.

Dr. Roufiq A, selaku penanggung jawab kegiatan peserta temum lapang sedang praktek membuat masakan berbahan ubi

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com