Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini177
mod_vvisit_counterKemarin860
mod_vvisit_counterMinggu ini3066
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5249
mod_vvisit_counterBulan ini16446
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1031238

Online (20 menit yang lalu): 12
IP Anda: 18.232.53.231
,
Hari ini: 21 Agus, 2019
Ternyata Sapi juga Dapat Menderita Penyakit Keputihan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Nur Rizqi B   
Jumat, 07 November 2014 12:19

Bagaimana mungkin hal tersebut terjadi...???

Sapi menderita keputihan, adalah suatu hal yang mungkin, karena pada dasarnya sapi yang merupakan hewan mamalia memiliki organ reproduksi yang mirip dengan manusia. Sapi juga dapat terjangkit penyakit yang biasanya menyerang manusia. Keputihan merupakan penyakit yang biasanya diderita oleh kaum hawa, sedangkan pada sapi tentu saja diderita oleh sapi betina. Penyakit ini terjadi jika alat reproduksi sapi betina diserang oleh sejenis mikroorganisme sehingga mengeluarkan lendir. Jika manusia mengeluarkan lendir putih yang terus menerus dan berbau, maka lendir pada sapi yang terinfeksi memiliki lendir yang berwarna kekuningan. Memang, sapi mengeluarkan lendir jika birahi tetapi lendir yang dikeluarkan adalah berwarna putih bening, sehingga peternak perlu waspada jika lendir yang dikeluarkan sapi berwarna tidak normal.

Demikian salah  satu  pengetahuan praktis yang didapatkan dari temu lapang Pendampingan PSDSK yang diselenggarakan di BPP Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur dengan narasumber Drh.Kurniawan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Timur. Acara Temu Lapang ini diselenggarakan tepatnya pada hari Selasa tanggal 4 November 2014 dibuka langsung oleh Kepala BPTP Kaltim, Dr.M Hidayanto, MP. Pada sambutannya Kepala BPTP Kaltim menyampaikan bahwa pada dasarnya peran BPTP Kaltim adalah sebagai pendamping program-program yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan, agar nantinya program tersebut bisa membawa dampak positif dalam perbaikaan taraf kehidupan peternak.

Acara Temu Lapang berlangsung sangat hidup, terlihat dari antusiasme peserta yang cukup tinggi, dengan  masih komplitnya peserta dan diskusi aktif sampai acara  berakhir pada pukul 13.30 wita. Pada Temu Lapang kali ini BPTP Kaltim juga mendiseminasikan kegiatan yang telah dilaksanakan di Rantau Pulung yaitu introduksi leguminosa pohon (kaliandra) dan leguminosa merambat (Centro) sebagai sumber protein sapi potong yang murah meriah. Selain itu untuk mengarah ke peternakan ramah lingkungan, diperkenalkan biourine, mol maja serta UMMB.

Pada akhirnya besar harapan semua pihak terhadap BPTP, agar bisa terus turut mendampingi berbagai kegiatan peternakan di Rantau Pulung. Dan semoga teknologi yang dimotori BPTP Kaltim dapat terus membawa manfaat tidak hanya bagi pelaku pelaku bisnis peternakan sapi potong, tapi juga untuk masyarakat peternak pada umumnya.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com