Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini281
mod_vvisit_counterKemarin808
mod_vvisit_counterMinggu ini5030
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini19030
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033822

Online (20 menit yang lalu): 14
IP Anda: 34.204.179.0
,
Hari ini: 24 Agus, 2019
Panen KRPL di BPTP Kalimantan Timur PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Ekayujaya   
Selasa, 28 Oktober 2014 11:49

Sejak dicanangkan nya gerakan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), di tahun 2011, Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Timur, sebagai salah satiu unit kerja Kementerian Pertanian, untuk kesekian kalinya melakukan panen hasil KRPL.  Panen KRPL yang dilakukan pada hari jum’at 2014 dilakukan di salah satu model KRPL percontohan, di halaman BPTP Kalimantan Timur.

Menurut Ibu Yossita Fiana, SP, MSi (Penanggungjawab KRPL BPTP Kalimantan Timur), KRPL merupakan suatu program yang bertujuan untuk mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumberdaya lokal secara bijaksana, untuk menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam. Untuk skala lebih luas KRPL juga mencakup upaya intensifikasi pemanfaatan pagar hidup, jalan desa, dan fasilitas umum lainnya (sekolah, rumah ibadah, dan lainnya), lahan terbuka hijau, serta mengembangkan pengolahan dan pemasaran hasil.

Kegiatan Panen Di Salah satu Display  KRPL yang dikembangkan BPTP Kaltim

Jadi model percontohan KRPL yang ada di perkarangan kantor BPTP Kalimantan Timur, bertujuan memberikan gambaran dan masukan ke masyarakat, bahwa perkarangan itu dapat dikembangkan semaksimal mungkin untuk menghasilkan bahan pangan dalam mendukung pemenuhan gizi keluarga. Pekarangan BPTP Kalimantan Timur, banyak ditanami berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, diantaranya, mangga, kedondong, lengkeng, buah mentega, jeruk, jambu air, sirsak, cabe, buah naga, terong, bawang daun, seledri, bunga kol, dll.

Dan pada kesempatan panen kali ini, hasil KRPL BPTP Kalimantan Timur cukup banyak, mulai dari cabe, terong, jamur, bahkan daun bawang. Hasil panen ini, seandainya digunakan untuk pemenuhan kebutuhan rumahtangga, maka bisa di gunakan untuk pemenuhan kebutuhan paling tidak 4 sampai 6 hari kedepan. Hal i ni bearti jika KRPL ini bisa dikembangkan semaksimal mungkin, maka tidak hanya kebutuhan gizi keluarga yang akan terpenuhi, melainkan juga akan tercapainya kemandirian pangan dan ekomoni. Untuk itu, semoga gerakan ini dapat terus dilaksanakan, bukan hanya untuk mendukung kebijakan pemerintah yang ada, tapi untuk tujuan yang lebih luas yaitu terciptanya kemandirian ekonomi bagi segenap masyarakat Indonesia pada umumnya.[

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com