Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini699
mod_vvisit_counterKemarin795
mod_vvisit_counterMinggu ini3763
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini17763
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1032555

Online (20 menit yang lalu): 13
IP Anda: 34.236.190.216
,
Hari ini: 22 Agus, 2019
Gerakan Tanam Perdana Musim Tanam Rendengan BBI Rempanga PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Ekayujaya   
Rabu, 22 Oktober 2014 06:41

Kalimantan Timur, adalah salah satu pintu gerbang utama wilayah timur Indonesia karena letaknya yang strategis di perbatasan wlayah tengah dan timur Indonesia. Walaupun sektor ekonominya lebih didominasi oleh sektor pertambangan, tetap saja proovinsi ini memiliki program-program khusus untuk mengembangkan sektor lainnya, terutama sektor pertanian. Untuk itu dalam rangka mendukung program pemerintah provinsi Kalimantan Timur, Kepala BPTP Kalimantan Timur ( Dr. Ir. M. Hidayanto, MP) pada tanggal 20 Oktober 2014 melakukan kunjungan ke UPTD BBI  (Balai Benih Induk Padi dan Palawija) Rempanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, terkait kegiatan "Gerakan Tanam Perdana Padi Musim Tanam Rendengan tahun 2014/2015". Kegiatan yang juga dihadiri oleh segenap unsur Muspida Kabupaten Kutai Kartanegara, kelompok tani, masyarakat, dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur ini, merupakan suatu pembuktian bahwa penggunaan teknologi sangat penting perannya dalam pembangunan pertanian.

Dimana dalam hal ini provinsi Kalimantan Timur sedang dalam masa kemarau. Dengan tipe kemarau basah, karena rentang waktu tanpa hujan yang terjadi tak lebih dari 1–5 hari. Akan tetapi tetap saja musim kemarau ini mengganggu perggerakan roda sektor pertanian, untuk itu UPTD BBI memberikan pembuktian, bahwa penanaman padi tetap bisa dilaksanakan pada musim kemara. Dengan memakai varietas dan penggunaan teknologi yang tepat. Dan tanaman terpilih adalah padi sawah varietas sidenuk dengan menggunakan transplanter (rice transplanter) dan teknologi pengairan yg tepat.

Padi sawah varietas sidenuk dipilih pada penanaman di musim tanam rendengan karena padi jenis varietas ini cocok ditanam di ekosistem sawah dataran rendah sampai ketinggian 600 m dpl dan tidak dianjurkan ditanam di daerah endemik tungro dan blas, sesuai dengan karakteristik geografis kondisi wilayah Rempanga. Disamping itu umur tanaman 103 hari. Potensi hasil 9,1 ton/ha GKG dengan tekstur nasi pulen cukup banyak disukai olah masyarakat di Kalimantan Timur. Padi jenis varietas jenis ini juga memiliki ketahanan terhadap hama Wereng Batang Coklat biotipe 1, 2, dan biotipe 3, serta ketahanan terhadap penyakit hawar daun bakteri patotipe III, rentan terhadap hawar daun bakteri patotipe IV.

Dan karena BBI Rempanga merupakan salah satu unit kerja di sektor pertanian, yang menekankan pada penyediaan bibit bagi petani sekitar, dan stakeholder pertanian terkait lainya, maka tentu saja varietas tanaman yang akan ditanam, telah dipertimbangkan sebaik mungkin. Hal itu sejalan dengan program pertanian strategis di provinsi Kalimantan Timur yang menekankan pada penyediaan bibit unggul, pupuk, keamanan pasca panen, hal-hal ini lah yang di upayakan untuk di fasilitasi oleh pemerintahan provinsi Kalimantan Timur melalui UPTD BBI.

Selain penanaman padi sawah, pada kesempatan ini dilakukan juga penanaman bibit rambutan, bibit pepaya, benih ikan patin, ikan nila, dan ikan lele. Dan juga kegiatan temu lapang sebagai wadah sharing informasi petani dengan pihak pemerintahan kabupaten Kutai Kartanegara dan Provinsi Kalimantan Timur, serta stakeholder pertanian terkait lainnya. Pada akhirnya, kegiatan "Gerakan Tanam Perdana Padi Musim Tanam Rendengan" diharapkan bisa mendukung sukses nya KALTIM maju 2018, serta mampu memberikan informasi bagi petani terkait varietas tanaman yang bisa di tanam pada musim rendengan di Kalimantan Timur.

Kepala Distan Prov. Kaltim (H. Ibrahim) dalam acara Tanam Perdana Padi di BBI Rempanga

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com