Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini177
mod_vvisit_counterKemarin860
mod_vvisit_counterMinggu ini3066
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5249
mod_vvisit_counterBulan ini16446
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1031238

Online (20 menit yang lalu): 12
IP Anda: 18.232.53.231
,
Hari ini: 21 Agus, 2019
LAI Sang Primadona Benua Etam PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Ekayujaya   
Jumat, 19 September 2014 06:17

Inilah LAI, buah yang saaat ini akan banyak anda temui sepanjang jalan di kota Samarinda, Kalimantan Timur. Lai merupakan jenis durian yang endemik di Kalimantan terutama di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Jika anda pernah berlabuh ke Borneo Island, tentulah tidak asing dengan LAI, sejenis buah yang sekilas mirip buah durian pada umumnya. Nama ilmiahnya adalah Durio kutejensis (kutejensis = berasal dari Kutai), akan tetapi buah ini lebih dikenal dengan beberapa nama lokal, seperti durian kuning, durian tinggang, durian pulu, nyekak, ruas, sekawi, pekawai dan lain-lain. Habitat asli nya adalah hutan lereng berbukit di pedalaman Kalimantan bagian tengah. Dan juga dijumpai tumbuh baik di Sumatera dan Jawa. Tanaman ini juga dijumpai tumbuh baik di KP. Subang dan taman buah Mekarsari (http://balitbu.litbang.deptan.go.id)

Opini yang berkembang di masyarakat, menyatakan bahwa buah Lai tidak mengandung kolesterol dan rendah alkohol. Informasi ini tidak salah, tetapi seolah-olah hanya Lai yang tidak mengandung kolesterol. Padahal yang namanya kolesterol itu hanya diproduksi oleh hewan (lemak hewani). Dan tidak ada satupun tanaman yang mengandung bahan ini. Akan tetapi penelitian menunjukkan bahwa kadar kolesterol buah lai memang rendah, jadi tidak perlu cemas kolesterol akan naik bila mengkonsumsinya. Kandungan tryptophan yang tinggi bahkah terbukti bisa meningkatkan mood, demikian juga kandungan kalium, vit B6 dan vit C yang tinggi akan menambah kebugaran bagi yang mengkonsumsinya.

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com