Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
upg
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini172
mod_vvisit_counterKemarin989
mod_vvisit_counterMinggu ini1161
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6407
mod_vvisit_counterBulan ini19329
mod_vvisit_counterBulan Terakhir24645
mod_vvisit_counterSemua hari1058766

Online (20 menit yang lalu): 8
IP Anda: 34.204.194.190
,
Hari ini: 22 Sep, 2019
Diversifikasi Produk Buah Kelapa PDF Cetak E-mail
Oleh Farid R. Abadi   
Rabu, 20 Agustus 2014 10:00

Tanaman kelapa dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk yang memiliki nilai ekonomi tersendiri. Hampir setiap bagian tanaman kelapa dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Daging buah kelapa dapat dipakai sebagai bahan baku untuk menghasilkan kopra, minyak kelapa, coconut cream, santan dan kelapa parutan kering (desiccated coconut), sedangkan air kelapa dapat dipakai untuk membuat cuka dan nata de coco. Tempurung dapat dimanfaatkan untuk membuat arang aktif dan kerajinan tangan. Dari batang kelapa dapat dihasilkan bahan-bahan bangunan baik untuk kerangka bangunan maupun untuk dinding serta atap. Daun kelapa dapat diambil lidinya yang dapat dipakai sebagai sapu, serta barang-barang anyaman.

Buah kelapa terdiri dari beberapa bagian, yaitu kulit luar (epicarp), sabut (mesocarp), tempurung (endocarp), kulit daging buah (testa), daging buah (endosperm), air kelapa dan lembaga.

Buah kelapa dan bagian-bagiannya

Buah kelapa yang terdiri atas sabut kelapa dapat dibuat keset, sapu dan matras. Daging buah kelapa dapat dipakai sebagai bahan baku untuk menghasilkan kopra, minyak kelapa, minyak kelapa murni/virgin coconut oil (VCO), coconut cream, santan dan kelapa parutan kering (desiccated coconut), sedangkan air kelapa dapat dipakai untuk membuat cuka dan nata de coco. Tempurung kelapa dapat dimanfaatkan untuk asap cair, arang aktif dan kerajianan tangan.

artikel selengkapnya (pdf)

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com