Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini592
mod_vvisit_counterKemarin877
mod_vvisit_counterMinggu ini4533
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini18533
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033325

Online (20 menit yang lalu): 10
IP Anda: 18.232.171.18
,
Hari ini: 23 Agus, 2019
Rumah Kaca Untuk Pengering Serbaguna PDF Cetak E-mail
Oleh Farid R. Abadi   
Selasa, 19 Agustus 2014 07:21

Pengeringan merupakan salah satu proses penanganan lanjutan yang penting untuk produk pertanian, dimana hal ini dapat memperpanjang umur simpan produk yang dipanen. Dalam pengeringan, kadar air bahan dikurangi sampai perkembangan mikroorganisme dan kegiatan enzim yang dapat menyebabkan pembusukan terhambat atau terhenti, sehingga bahan kering dapat memiliki waktu simpan lebih panjang. Dalam rangka untuk memastikan pasokan pangan berkelanjutan untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk dan memungkinkan petani untuk dapat menghasilkan produk lebih berharga dan berkualitas tinggi, efisien serta dengan waktu serempak, diperlukan metode pengeringan yang mudah dan efisien.

Pengering bersuhu tinggi yang digunakan di negara-negara maju dapat diterapkan secara ekonomis di negara berkembang hanya pada perkebunan besar atau pabrik-pabrik komersial besar. Oleh karena itu pengenalan alat pengering surya yang murah dan diproduksi secara lokal menawarkan alternatif yang menjanjikan untuk mengurangi kerugian pasca panen yang tinggi. Salah satu jenis pengering surya sederhana adalah pengering tipe Efek Rumah Kaca (ERK). Jenis pengering surya merupakan bangunan rumah kaca yang difungsikan sebagai pengering untuk produk pertanian (misalnya: cabai, kentang, lada, dll.). Produk ini biasanya ditempatkan di dalam rumah kaca dengan menggunakan rak-rak. Sumber daya utama adalah radiasi matahari dan sumber panas lainnya dapat ditambahkan seperti listrik atau bahan bakar fosil secara tidak langsung. Dapat pula ditambahkan suatu sytem pengalir udara berbeda tekanan (Vo-Ngoc, D. and N.K. Srivastava, 1992) atau PDID (Pressure Difference Induced Draft) yang dapat dipasang untuk mengurangi kebutuhan tenaga listrik untuk mengoperasikan sistem pengeringan. Secara umum, beberapa nilai tambah menggunakan pengering rumah kaca adalah: 1) terlindung dari kondisi cuaca (misalnya: hujan , perubahan kelembaban, dll.), 2 ) pengoperasian yang murah , terutama bila hanya menggunakan radiasi energi surya, serta 3 ) tidak ada kontak dengan lingkungan luar (misalnya: debu, mikroorganisme, kotoran, burung, serangga, hewan pengerat, dll), yang dapat meningkatkan kebersihan produknya. Dikarenakan nilai tambah dan berbagai macam keuntungannya, banyak penelitian dan pengembangan telah dilakukan untuk meningkatkan kinerja peralatan ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Gambar 1: Mekanisme dasar pengering rumah kaca menggunakan PDID

 

Teknologi pengering rumah kaca dapat digunakan untuk memecahkan masalah –masalah pengeringan dan penanganan pasca panen produk di sentra-sentra produksi pertanian, terutama untuk sayuran, perikanan atau hasil laut lainnya, dll. Seperti telah disebutkan sebelumnya, pengering jenis ini memiliki beberapa spesifikasi keunggulan (nilai tambah ) sebagai berikut:

  • Memanfaatkan sumber energi surya dan angin (PDID) yang tersedia secara luas di Indonesia tanpa memerlukan biaya, sehingga dapat digunakan di mana saja tanpa tergantung pada pasokan energi listrik maupun bahan bakar fosil.
  • Dapat menggunakan substitusi biomassa sebagai sumber energi tambahan, yang memungkinkan pemanfaatan alat ini di sore dan malam hari atau selama musim hujan. Dengan demikian ketergantungan pada musim / cuaca dapat dikurangi sehingga kontinuitas pasokan produk ke pasar dapat dipertahankan.
  • Produk yang dikeringkan lebih higienis, karena diproses di ruang tertutup, bisa langsung dikemas (bila tersedia peralatan pengemas) dan mudah untuk dipasarkan. Dengan demikian, produk dapat menjadi lebih berkualitas, menarik, dan tahan lama, sehingga dapat disalurkan ke pasar dengan minimum risiko kerusakan produk.
  • Meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik, karena produk tersebut tidak cepat rusak, sehingga meningkatkan posisi tawar pasar, dan dapat terus memasok pasar di luar musim dimana harga produk umumnya relatif lebih tinggi.
  • Penggunaan dan pemeliharaan alat ini sangat mudah dan tidak memerlukan tingkat pendidikan tertentu.

Dengan mengadopsi pemanfaatan efek rumah kaca ini sebagai sumber energi utama ataupun alternatif, para ahli dan peneliti telah memperkenalkan berbagai jenis alat tambahan alternatif yang terpasang untuk optimasi kinerja pengering surya ini. Perkembangannya bisa menjadi usaha yang berharga dalam menurunkan konsumsi energi, dan biaya produksi di negara berkembang.

Gambar 2: Perangkat pengering rumah kaca

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com