Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini116
mod_vvisit_counterKemarin620
mod_vvisit_counterMinggu ini736
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5249
mod_vvisit_counterBulan ini14116
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1028908

Online (20 menit yang lalu): 8
IP Anda: 35.175.120.59
,
Hari ini: 18 Agus, 2019
Embalut, Satu-satunya desa dari Kalimantan yang masuk 6 Besar Nasional. PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Tim Redaksi   
Kamis, 14 Agustus 2014 15:47

Sofiansyah, ketua KTT Mandiri Bersama(tengah) di lahan pertanian bekas tambang batubaraKementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat (8/8) lalu mengumumkan bahwa Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar), masuk enam besar lomba desa se-Indonesia. Sebelumnya, Embalut dinyatakan masuk 10 besar dari 72.944 desa se-Indonesia.

Dengan prestasi tersebut, maka Bupati Kukar Rita Widyasari diundang ke Istana Negara, Jakarta, saat perayaan peringatan HUT ke-69 RI, 17 Agustus mendatang. Pasalnya, pada acara itu akan diumumkan desa mana saja yang menjadi juara.

Bupati saat ditemui usai menyaksikan pawai pembangunan, Sabtu (9/8) lalu mengungkapkan rasa syukur. Menurutnya, masuk di 10 besar saja merupakan suatu kebanggaan dan keberhasilan.

“Woow! Bagi saya sudah masuk enam besar itu sudah oke. Keberhasilan Desa Embalut secara tidak langsung menunjukkan jika kebijakan Pemkab Kukar dalam pembinaan desa dan pemberdayaan masyarakat berjalan sesuai yang diharapkan,” ungkap Bupati.

Dia menambahkan, keberhasilan ini juga mampu mengangkat derajat sekaligus mengharumkan nama Kukar di kancah nasional. Apalagi menjadi satu-satunya wakil Kalimantan yang menembus enam besar. “Prestasi ini menjadikan Kukar lebih terkenal berkat Desa Embalut,” imbuh Bupati.

Menurutnya, keberhasilan Desa Embalut karena memiliki sistem informasi dan kinerja pemberdayaan masyarakat yang mudah diakses. Selain peran kepala desa dan jajarannya yang tanggap terhadap kemajuan iptek dan responsif terhadap pembangunan desa.

Sementara itu, Kepala Desa Embalut Mus Mulyadi menjelaskan, keberhasilan itu karena kemampuan jajarannya memberikan motivasi kepada warga untuk mengoptimalkan lahan tidur dan bekas tambang batu bara menjadi kawasan potensial, guna mendukung usaha lingkup pertanian yang berkelanjutan.

“Hal itu sesuai dan dilandasi program desa yang disebut Rumah Pangan Lestari,” terang Mulyadi.

(kaltim pos, 14/8/2014)

Desa Embalut sampai saat ini merupakan lokasi kegiatan pengkajian peningkatan lahan bekas penambangan batubara untuk pertanian yang dilaksanakan oleh BPTP Kaltim bekerjasama dengan Kelompok Tani Ternak “Mandiri Bersama” dan didukung oleh CSR. PT. Kitadin yang sudah dilaksanakan selama hampir 3 tahun (2012-2014). Lahan bekas penambangan batubara dijadikan model percontohan pengembangan pertanian terpadu yang berkelanjutan, menerapkan teknologi berbasis pupuk hayati guna meningkatkan produktivitas lahan dan tanaman pangan yang dibudidayakan antara lain padi. Jagung, kedelai, ubi jalar dan singkong.

Selain itu dibudidayakan juga tanaman buah dan sayuran. BPTP Kaltim juga sudah memiliki MoU dengan salah satu perusahaan tambang swasta untuk pemanfataan lahan bekas penambangan batubara.

Model yang dilakukan adalah melalui konsep yang disebut Integrated Crops land Management (ICLM), lahan dan tanaman dikelola untuk dapat tumbuh dan berproduksi sesuai yang diharapkan. Selain pupuk kandang dan pupuk kimia, juga digunakan pupuk hayati serta penggunaan insektisida ramah lingkungan, dan sampai saat ini banyak pihak telah memberikan apresiasi dan tanggapan positif terhadap kegiatan ini.

 

 

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com