Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
Suplemen Sinta
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini643
mod_vvisit_counterKemarin759
mod_vvisit_counterMinggu ini4393
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7397
mod_vvisit_counterBulan ini17715
mod_vvisit_counterBulan Terakhir28118
mod_vvisit_counterSemua hari1085270

Online (20 menit yang lalu): 17
IP Anda: 18.204.227.250
,
Hari ini: 17 Okt, 2019
Penggunaan Quadcopter di Bidang Pertanian, Terobosan Tepat Guna dan Efisien untuk Pertanian Modern. PDF Cetak E-mail
Oleh Farid R. Abadi   
Kamis, 14 Agustus 2014 09:20

Quadcopter adalah salah satu jenis helicopter yang memiliki 4 buah rotor sebagai penggerak propeller yang menghasilkan gaya angkat. Untuk menggerakkan quadcopter, yang harus dilakukan adalah mengatur kecepatan putaran tiap motor. Quadcopter memiliki keunggulan dibandingkan dengan helikopter konvensional dimana memiliki desain mekanik yang lebih sederhana. Selain itu, Quadcopter dapat berubah arah dengan memanipulasi kecepatan baling-baling individu. Dengan keunggulan ini quadchopter dapat digunakan dengan lebih mudah dan lebih murah.

Saat ini quadrotor atau quadcopter banyak menjadi obyek penelitian. Quadcopter berukuran kecil/mini dengan pengendali jarak jauh dan dilengkapi perlengkapan tambahan banyak digunakan untuk fotografi, pemetaan, atau sekedar hobi. Dalam perkembangannya, quadchopter dapat digunakan pula sebagai kendaraan udara tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV). UAV adalah salah satu teknologi yang sedang mengalami perkembangan yang pesat dan memiliki potensi yang sangat besar, baik untuk keperluan militer maupun kepentingan sipil. Contoh aplikasi yang dapat diimplementasikan pada UAV adalah untuk kebutuhan survey, patroli, deteksi tambang mineral, riset, fotografi, survey lahan dan keperluan lainnya. Kelebihan dari UAV adalah dapat digunakan pada misi-misi berbahaya ataupun pada lokasi yang jauh dan sulit dijangkau tanpa membahayakan pilot/manusia sehingga dapat memudahkan dan menghemat biaya.

Pengamatan lahan dan penyemprotan menggunakan quapcopter

Di bidang pertanian, quadchopter dapat digunakan untuk melakukan survey lahan, penginderaan jauh maupun lainnya untuk mempermudah aktivitas pertanian.  Survey lahan dapat dilakukan untuk pemetaan maupun mengetahui gambaran suatu wilayah secara umum maupun detail melalui penginderaan jarak jauh. Dengan penginderaan jauh dapat dilakukan pemetaan lahan secara spesifik melalui pemotretan dan hasilnya dapat dianalisa dan memberikan gambaran tentang kondisi lahan pertanian dengan bantuan analisa Sistem Informasi Geografis (SIG). Lebih lanjut, quadchopter juga dapat digunakan pula untuk aktivitas pertanian seperti pengambilan gambar baik foto maupun video, dimana dari gambar tersebut dapat dianalisa untuk mengatahui kondisi tanaman dari perbedaan warna maupun penampakan fisik lainnya. Dapat juga digunakan untuk penyemprotan hama dan penyakit secara langsung dan lebih tepat di lokasi yang terserang hama, pengamatan ternak secara lebih efektif dan efisien,  dan lain sebagainya. Di masa mendatang teknologi ini layak untuk dimanfaatkan dan dikembangkan guna membantu kegiatan pertanian yang tepat guna dan efisien.(Dari beberapa sumber).

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com