Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini561
mod_vvisit_counterKemarin752
mod_vvisit_counterMinggu ini1970
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini15970
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1030762

Online (20 menit yang lalu): 17
IP Anda: 34.239.158.107
,
Hari ini: 20 Agus, 2019
"Cabe", Penyembuh Luka dan Pereda Demam Tinggi PDF Cetak E-mail
Oleh ekayujaya   
Senin, 11 Agustus 2014 11:23

Siapa yang tidak mengenal tanaman cabai (hot pepper), konon tanaman ini berasal dari daratan Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tanaman tumbuh kira-kira sejak 2500 tahun sebelum Masehi. Masyarakat yang pertama kali memanfaatkan dan mengembangkan cabai adalah orang Inca di Amerika Selatan, orang Maya di Amerika Tengah, dan orang Aztek di Meksiko. Mereka memanfaatkan cabai sebagai bumbu masakan. Tanaman ini dibawa masuk ke Indonesia, dibawa oleh saudagar-saudagar dari Persia ketika singgah di Aceh. Sumber lain menyebutkan bahwa cabai masuk ke Indonesia dibawa oleh bangsa Portugis.

Akan tetapi ada hal lain yang bisa dimanfaatkan dari tanaman cabe ini, selain untuk bahan masakan, tanaman ini juga berguna dalam bidang pengobatan. Dibandingkan dengan pengobatan konvensional, mengatasi demam tinggi dengan cabe merupakan solusi alternatif yang mudah, murah dan cepat. Tapi yang dugunakan bukan buah cabenya tapi daunnya. Terutama bagi masyarakat dipedesaan tanaman cabe banyak digunakan sebagai penyembuh. Diantaranya dapat menyembuhkan luka dan daunnya dapat digunakan sebagai perda demam tinggi.

  1. Untuk penyembuh luka, cabe merah yang dikeringkan dan ditumbuk sampai halus bila ditaburkan pada luka dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Ini disebabkan karena adanya zat capsaicin pada cabe merah yang menghilangkan rasa sakit.
  2. Sementara itu, untuk menurunkan demam. Caranya ambil segenggam daun cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok minyak selada dan campurkan kedua bahan ini sampai rata. Setelah itu tempelkan ramuan pada ubun-ubun atau dibalurkan pada seluruh badan. Selimuti badan penderita dengan selimut yang tebal. Tak berapa lama, badan akan mengeluarkan keringat, sehingga panas badan akan menurun dengan cepat.

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com