Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini592
mod_vvisit_counterKemarin877
mod_vvisit_counterMinggu ini4533
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini18533
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033325

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 18.232.171.18
,
Hari ini: 23 Agus, 2019
Buah Maja, Buah Legenda Yang Sarat Khasiat PDF Cetak E-mail
Oleh Nur Rizqi B   
Senin, 04 Agustus 2014 10:07

Sebagian besar orang, hanya mengenal buah maja sebagai buah legenda dalam sejarah kerajaan majapahit. Tidak banyak yang mengenal buah maja sebagai buah ajaib yang mampu meningkatkan produksi pertanian dan peternakan yang dilaksanakan secara organik. Buah maja merupakan buah yang berbentuk bulat seperti bola volley atau jeruk bali. Memang buah maja jarang dibudidayakan oleh pelaku pertanian, karena kekurangan pemahaman akan berbagaai khasiat atau manfaat buah maja ini.

Pada kenyataannya buah maja dapat dimanfaatkan untuk pertanian ramah lingkungan karena bebas dari bahan bahan kimia yang sekarang sekarang ini banyak dihindari. Pertanian organik ternyata mampu memberikan daya tahan tubuh ternak dan  tanaman terhadap serangan berbagai macam penyakit dan dengan sendirinya akan meningkatkan produktivitas ternak dan tanaman itu sendiri.

Cara sederhana untuk menjadikan buah maja berkhasiat adalah dengan menjadikannya sebagai bahan MOL (mikroorganisme lokal). Salah satu manfaat yang telah dipraktekkan oleh BPTP Kaltim adalah Mol maja dapat mengusir lalat pada sapi potong dengan cara menyemprotkan mol maja yang dicampur air (perbandingan 1: 20 ) pada ternak sapi .

Cara pembuatannya gampang dengan bahan bahan yang ada di sekitar kita. Adapun bahan pembuatan bahan Mol maja adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan 1 kg daging buah maja yang sudah matang
  2. 2 liter air cucian beras
  3. 1 liter air kelapa
  4. 200 gram gula merah

Campur semua bahan menjadi satu kemudian lakukan fermentasi  selama 14 hari. Mol maja siap digunakan dengan cara campur mol maja dengan air dengan perbandingan 1 : 20. Lakukan penyemprotan 1kali pern hari pada ternak dan kandang . Hasilnya ternak akan terbebas dari lalat, dan kandang akan terbebas  dari bau menyengat. Mol maja juga dapat dicampurkan pada minuman dan dapat digunakan sebagai bahan fermentasi berbagai macam bahan pakan ternak, seperti jerami.

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com