Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Katam
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini795
mod_vvisit_counterKemarin974
mod_vvisit_counterMinggu ini6770
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini13669
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145224

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 18.207.255.49
,
Hari ini: 14 Des, 2019
Badan Litbang Kutai Timur Jalin Kerjasama dengan BPTP Kaltim PDF Cetak E-mail
Berita
Jumat, 13 Juni 2014 10:07

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbang) Kabupaten Kutai Timur pada Kamis 12 Juni 2014 melakukan kunjungan kerja ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Timur. Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Kepala BPTP Kaltim (Dr. Ir. M. Hidayanto), dan didampingi oleh KSPP, Koordinator Program, Ketua Kelji, Peneliti dan Penyuluh. Tujuan kunjungan adalah dalam rangka orientasi dan konsultasi program dan kegiatan yang berkaitan dengan kajian teknologi pertanian yang bisa disinergikan ke depan. Yang dikonsultasikan dan didiskusikan pada acara tesbut antara lain: (a) profil BPTP Kaltim, (b) database pengkajian teknologi pertanian yang bisa diakses, (c) teknologi pertanian yang tepat/spesifik lokasi di Kalimantan Timur, (d) teknologi tepat guna tentang mengolah sampah plastik, mengolah buah sawit menjadi minyak goreng skala rumah tangga, dan (e) kesempatan atau peluang kerjasama kelitbangan antara Balitbang Kutai Timur dengan BPTP Kaltim.

Pada kesempatan tersebut Kepala BPTP Kalimantan Timur menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Balitbang Kutai Timur yang akan jalin kerjasama dengan BPTP Kaltim. Kepala BPTP Kaltim juga menyampaikan ketersediaan sdm dan peralatan pendukung, ketersediaan inovasi teknologi, kegiatan penelitian – pengkajian dan pendampingan, serta kegiatan kerjasama antara dinas, badan, perusahaan swasta, perguruan tinggi dan instansi terkait lainnya dengan BPTP Kalimantan Timur.

Terkait dengan tugas dan fungsinya, disampaikan oleh Kepala BPTP bahwa sebagai institusi pusat (kementan di daerah), BPTP Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan penelitian, pengkajian dan pendampingan teknologi spesifik lokasi dalam rangka mendukung 4 target sukses Kementerian Pertanian. Lebih lanjut disampaikan bahwa hingga saat ini telah banyak kegiatan kerjasama antara mitra kerja dengan BPTP Kaltim, antara lain dengan: (a) BKPP Kalimantan Timur [pengembangan KRPL], (b) PT. Pupuk Kaltim [pengujian pupuk], (c) PT. Petrosida [pengujian pupuk], (d) PT. Kitadin [pengembangan lahan eks tambang untuk pertanian], (e)  PT. KPC [biogas], (f) BPKP3DT Prov Kaltim [pengembangan pertanian kawasan perbatasan], (g) Balitbangda Kutai Kartanegara [LEISA dan uji varietas], (h) Disbun Kaltim [pupuk organik].

Badan Litbang Kutai Timur tertarik untuk jalin kerjasama, dalam rangka pengembangan pertanian ke depan, antara lain kegiatan perwilayahan komoditas pertanian, pelestarian SDG lokal Kutai, pengembangan KRPL, teknologi diversifikasi produk (pisang, singkong dll), dan teknologi spesifik lokasi lain yang sesuai dengan potensi sumberdaya alam di Kutai Timur. Dukungan inovasi teknologi dan juga tenaga ahli dari BPTP Kalim sangat diharapkan untuk mendukung pembangunan pertanian di Kutai Timur. Lebih lanjut disampaikan oleh Kepala Bidang SDA dan Teknologi Balitbang Kutim, bahwa rencana kegiatan kerjasama ke depan semoga dalam waktu singkat akan segera dapat terjalin dengan BPTP Kalimantan Timur.

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com