Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
upg
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini527
mod_vvisit_counterKemarin875
mod_vvisit_counterMinggu ini527
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6850
mod_vvisit_counterBulan ini14276
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145831

Online (20 menit yang lalu): 12
IP Anda: 3.231.212.98
,
Hari ini: 15 Des, 2019
Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh admin   
Selasa, 13 Mei 2014 07:10

Dr. Hidayanto, MPLahan bekas penambangan batubara umunya memiliki tingkat kesuburan dari rendah sampai sangat rendah, permukaan minus dan rawan erosi, sehingga pemanfaatannya harus dilakukan secara bijak dan terintegrasi, menurut kepala BPTP Kaltim (Dr. Hidayanto, MP) bukan hanya bentuk pemanfataan lahan, tetapi juga padu padan dengan kegiatan yang melibatkan instansi terkait, para pemangku kepentingan (stake holder) dan kelompok tani sekitarnya. Melalui kegiatan pengkajian produktivitas lahan bekas penambangan batubara, BPTP Kaltim bekerjasama dengan kelompok tani dan didukung tanggung jawab sosial (CSR- Corpoartion Social Responsibility) perusahaan tambang batubara, berusaha mengoptimalkan pemanfaatan lahan bekas penambangan batubara.

Lahan bekas penambangan batubara dijadikan model percontohan pengembangan pertanian terpadu yang berkelanjutan, menerapkan teknologi berbasis pupuk hayati guna meningkatkan produktivitas lahan dan tanaman pangan yang dibudidayakan antara lain padi. Jagung, kedelai, ubi jalar dan singkong.

Selain itu dibudidayakan juga tanaman buah dan sayuran. BPTP Kaltim juga sudah memiliki MoU dengan salah satu perusahaan tambang swasta untuk pemanfataan lahan bekas penambangan batubara.

Menurut Hidayanto, petani harus diberi contoh dengan fakta, karena petani banyak yang belum tahu mengenai hal ini, potensi tanaman di lahan bekas penambangan batubara lumayan besar, walaupun harus dengan perlakuan yang berbeda dengan lahan biasa.

Hidayanto sangat yakin  dengan program pengelolaan lahan tanaman terpadu dapat meningkatkan ketahanan pangan di daerah tambang, tentu harus diiringi dengan kerjasama semua pihak yang terkait. Hasil kegiatan juga menunjukkan bahwa dengan penerapan model peningkatan produktivitas lahan bekas penambangan batubara mampu memberikan nilai tambah positif kepada kelompok tani dan masyarakat sekitar.

 

Sumber : Trias Politika (edisi 01 – 15 Mei 2014)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com