Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Katam
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini803
mod_vvisit_counterKemarin974
mod_vvisit_counterMinggu ini6778
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini13677
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145232

Online (20 menit yang lalu): 12
IP Anda: 18.207.255.49
,
Hari ini: 14 Des, 2019
Saatnya Partisipasi Aktif untuk KATAM PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Nur Rizqi B dan Sumarmiyati   
Rabu, 27 November 2013 13:02

Sumarmiyati menyampaikan materi Sistem Informasi Kalender KatamKATAM sudah sangat popular seantero Badan Litbang Pertanian. Tetapi apa sebenarnya KATAM itu sendiri ? Katam atau Kalender Tanam merupakan suatu bentuk informasi untuk mengatasi pergeseran musim yang dapat mengancam sektor pertanian khususnya dalam upaya Peningkatan Produksi Beras Nasional. Kalender Tanam diharapkan dapat memandu para petani untuk dapat menentukan waktu tanam yang tepat, penggunaan varietas yang unggul dan rekomendasi pemupukan yang rasional. Kalender Tanam (KATAM) Terpadu yang disusun Badan Litbang Pertanian berisi informasiĀ  tentang prediksi musim, awal waktu tanam, pola tanam, luas tanam potensial, wilayah rawan banjir dan kekeringan, potensi serangan OPT, rekomendasi varietas dan rekomendasi dosis dan Kebutuhan pupuk.

Tetapi KATAM terpadu yang disusun oleh Badan Litbang Pertanian belum cukup untuk memenuhi harapan tersebut di atas. Sangat diperlukan partisipasi aktif dari pelaku pertanian di daerah terutama Petugas Penyuluh Lapangan yang tiap hari berkutat dengan petani dan pertanian. Partisipasi yang diperlukan meliputi penggunaan dosis pupuk, varietas unggul dan lain sebagainya yang adaptif di daerah sehingga rekomendasi yang diberikan tepat sasaran.

Sebagai upaya untuk menggali partisipasi aktif tersebut, pada Selasa, 26/11/2013 bertempat di Auditorium BPTP Kaltim diselenggarakanĀ  Sosialisasi dan Workshop Kalender Tanam Terpadu dan PerubahanĀ  Iklim MT I 2013/2014. Acara dihadiri oleh perwakilan dari 8 Badan Ketahanan dan Penyuluhan Pertanian Kabupaten, Dinas Pertanian Kab/Kota di Kalimantan Timur, peneliti dan penyuluh BPTP Kaltim. Sosialisasi dan Workshop ini merupakan salah satu cara delivery KATAM Terpadu supaya dapat terakses dengan cepat oleh para pengguna. Dalam Workshop ini dilakukan juga praktek mengakses Informasi Katam baik melaui Website, sms center, maupun dengan penggunaan Smartphone berbasis Android. Dalam acara ini para peserta memberikan respon baik pertanyaan, saran maupun berbagi pengalaman tentang masalah pola tanam, rekomendasi varietas dan rekomendasi kebutuhan pupuk di masing-masing wilayah. Semoga tujuan mulia dari acara ini cepat terwujud dengan indah.

Acara Sosialisasi Katam dan Perubahan Iklim

Acara Sosialisasi Katam dan Perubahan Iklim

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com