Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini169
mod_vvisit_counterKemarin860
mod_vvisit_counterMinggu ini3058
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5249
mod_vvisit_counterBulan ini16438
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1031230

Online (20 menit yang lalu): 10
IP Anda: 18.232.53.231
,
Hari ini: 21 Agus, 2019
Pengembangan Pertanian Tergantung Petani PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Nur Rizqi B dan Retno WSK   
Jumat, 11 Oktober 2013 13:41

Hal tersebut dikemukakan oleh Ir. Harjana dari Dinas Peternakan pada saat Temu Lapang kegiatan PSDSK dan Pemberian Pakan Komplit pada Induk sapi yang diselenggarakan di desa Suatang kecamatan Paser Balengkong kabupaten Paser pada tanggal 8 oktober 2013. Temu lapang disambut antusias oleh para peternak dan Dinas terkait lainnya, selain Dinas Peternakan, sebut saja Dinas Pertanian dan perkebunan, BKPP, BPP, dan tentu saja oleh BPTP Kaltim yang mengawal kegiatan di Paser dengan total peserta kurang lebih 80 orang.

Paser merupakan salah satu kabupaten di propinsi Kalimantan Timur yang mempunyai perkebunan kelapa sawit yang cukup luas.  Perkebunan kelapa sawit yang cukup luas ini pasti akan menghasilkan limbah perkebunan dan limbah pabrik kelapa sawit yang melimpah. Limbah perkebunan kelapa sawit yang dapat dimanfaatkan adalah pelepah sawit sedangkan limbah pabrik pengolahan kelapa sawit yang dapat digunakan adalah solid sawit yang lebih mudah didapat oleh petani dibandingkan dengan bungkil inti sawit.  Hasil pengkajian menunjukkan bahwa penggunaan limbah perkebunan kelapa sawit memberikan kenaikan pertambahan bobot badan  harian sapi Madura betina sebesar 0,41 kg/ekor/hari sedangkan yang tidak diberikan solid sawit berkisar 0,29 kg/ekor/hari. R/C untuk pemberian solid sawit ini cukup bagus yaitu lebih dari 2, dikarenakan harga solid sawit yang sangat murah dibandingkan dengan penggunaan dedak. Tentu saja hal ini sangat tergantung dari ketlatenan petani untuk memberikan solid sawit ini kepada ternaknya.

Berita baik lain yang mencul adalah tahun depan akan dibangun 24 buah pabrik pengolahan sawit di Paser dan Dinas Pertanian dan Perkebunan akan memfasilitasi petani yang akan mengambil limbah pabrik pengolahan sawit.  Di ahir acara, semua sepakat bahwa potensi pakan yang besar harus diiringi dengan kemauan petani untuk memanfaatkan potansi tersebut  dengan baik. Great !!!

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com