Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini701
mod_vvisit_counterKemarin795
mod_vvisit_counterMinggu ini3765
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini17765
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1032557

Online (20 menit yang lalu): 10
IP Anda: 34.236.190.216
,
Hari ini: 22 Agus, 2019
”Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan” PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Rabu, 03 Juli 2013 07:21

Embalut, Rabu 26 Juni 2013. Judul diatas merupakan tema yang diusung dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2013. Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kutai Kartanegara bekerjasama dengan PT. Kitadin dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Timur (BPTP Kaltim) memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2013 di Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang. Lokasi yang dipilih merupakan lahan pengkajian Peningkatan Produktifitas lahan untuk pertanian kerjasama PT Kitadin dengan BPTP Kaltim. Lokasi tersebut dipilih karena dianggap telah berhasil dalam memanfaatkan lahan marginal untuk pertanian.

Pada kesempatan ini diberikan Penghargaan kepada para pemenang lomba yaitu lomba mewarnai gambar tingkat taman kanak – kanak dan sekolah dasar, menggambar tingkat sekolah dasar, melukis poster tingkat SLTP dan SLTA, kreatifitas pemanfaatan sampah, foto lingkungan, pembuatan karya tulis dan kebersihan kantor kelurahan se Kecamatan Tenggarong yang bertujuan untuk menanamkan rasa cinta dan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.

Bupati Kutai Kartanegara yang diwakilkan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Masyarakat dan SDM, Bapak H. Otoy Usman, SH.MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini mengusung tema ”Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan lingkungan”. Selaras dengan tema yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup Dunia, United Nations Environment Programme (UNEP), yaitu ”Think.Eat.Save”.

Kiranya peringatan Hari Lingkungan Hidup ini dapat dijadikan momentum untuk mulai merubah prilaku dan pola konsumsi sebagai modal utama untuk pembangunan nasional yang berkelanjutan menuju masyarakat yang dapat menikmati lingkungan baik dan sehat.

BPTP Kaltim juga membuka stand pameran yaitu stand olahan kedelai, stand benih jagung, stand benih padi (beberapa contoh benih padi yang telah sukses dikembangkan di Kaltim), Stand Singkong (Pengolahan singkong menjadi sawut), Pupuk organik cair (biourine), serta beberapa terbitan (leaflet, brosur) yang terkait dengan pertanian ramah lingkungan dan kegiatan inovasi teknologi pertanian lainnya.

Pada akhir acara dilakukan tanam bersama hortik serta panen jagung yang dilakukan di lahan bekas pertambangan batu bara. Acara tersebut diliput oleh media cetak dan elektronik yang ada di Kalimatan Timur. Diharapkan perusahaan tambang lainnya juga turut melakukan hal yang sama yaitu memanfaatkan lahan bekas pertambangan menjadi lahan pertanian ramah lingkungan, dalam rangka adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Stand BPTP Kaltim dalam Hari Lingkungan Hidup 2013

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com