Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini453
mod_vvisit_counterKemarin752
mod_vvisit_counterMinggu ini1862
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini15862
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1030654

Online (20 menit yang lalu): 7
IP Anda: 3.81.28.94
,
Hari ini: 20 Agus, 2019
TP PKK Balikpapan Resmikan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Yossita Fiana   
Jumat, 26 April 2013 09:47

Balikpapan. Launching KRPL di kota Balikpapan dilakukan pada hari selasa 23 April 2013 bertempat di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC). Hadir pada acara tersebut Walikota Balikpapan, beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), para kepala dinas, kepala BPTP Kalimantan Timur, perwakilan Bank Indonesia dan sejumlah tamu undangan baik dari tingkat Provinsi Kaltim maupun dari Kota Balikpapan.

Acara yang dikemas pada momen peringatan Hari Kartini 2013 tersebut dimanfaatkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Balikpapan Arita Rizal Effendi (istri Walikota Balikpapan) untuk meLaunching/meresmikan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kota Balikpapan. Launching tersebut merupakan bagian dari kegiatan menyambut hari kesatuan gerak PKK ke-41 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) X.

Disampaikan oleh Arita Rizal Effendi bahwa KRPL ini sebagai implementasi dari rencana strategis dalam upaya peningkatan diversifikasi pangan dan bentuk keberlanjutan penanaman tanaman pangan. Lebih lanjut disampaikan bahwa KRPL replikasi atau pengembangan ini sudah terbentuk di 6 kawasan, antara lain yaitu di kawasan perumahan Lanud Sepinggan dan kelurahan Manggar. Ditambahkan oleh Arita bahwa upaya penganekaragaman pangan penting untuk dilaksanakan secara masal dan segera mungkin, mengingat permintaan terhadap beras semakin meningkat dengan derasnya pertumbuhan penduduk khususnya di Balikpapan. Dan diharapkan KRPL tersebut dapat bermanfaat langsung terhadap warga setempat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Asisten II Kota Balikapan pada sambutannya juga menyampaikan bahwa KRPL ini sangat penting dalam upaya untuk mengurangi laju inflasi daerah, terutama dengan adanya bahan kebutuhan sehari-hari di warga masyarakat. Ke depan akan dikembangkan untuk seluruh kecamatan yang ada di Kota Balikapan.

Acara yang dirangkai dengan kegiatan lain tersebut kemudian dilanjutkan dengan peninjauan KRPL hasil replikasi atau pengembangan M-KRPL yang telah dibuat Badan Litbang Pertanian (BPTP Kaltim) oleh Walikota Balikpapan. KRPL replikasi ini didukung oleh Bank Indonesia cabang Balikpapan untuk pengembangannya. Pada kunjungan ke KRPL tersebut, Walikota Rizal Effendi juga meninjau Pasar Tani, Kebun Bibit Desa (KBD), menabur benih ikan di kolam yang sudah disiapkan oleh warga, dan juga sempat berbelanja sayur-sayuran dan buah-buahan, serta ramah-tamah dengan warga setempat. Di sela-sela acara kunjungan lapangan, Assisten II Kota Balikpapan mengharapkan agar BPTP Kaltim terus bisa mendampingi dan mendukung kegiatan KRPL, terutama untuk KRPL replikasi yang akan dilaksanakan di setiap kecamatan di Kota Balikpapan. Semoga KRPL bisa berkembang dan akan dapat bermanfaat bagi warga masyarakat khususnya di Kota Balikpapan.

dokumentasi :

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com