Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Katam
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini808
mod_vvisit_counterKemarin974
mod_vvisit_counterMinggu ini6783
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini13682
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145237

Online (20 menit yang lalu): 13
IP Anda: 18.207.255.49
,
Hari ini: 14 Des, 2019
Tanam Bersama di Lahan Bekas Penambangan Batubara PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha dan M.Hidayanto   
Kamis, 11 April 2013 07:59

Memasuki tahun ke-2 Kerjasama Pengelolaan Lahan Bekas Penambangan Batubara untuk Pengembangan Pertanian antara PT Kitadin dengan BPTP Kaltim, pada hari Rabu 10 April 2013 yang lalu dilakukan acara tanam bersama. Pada kegiatan tersebut hadir kepala BPTP Kaltim (Dr. Ir. M. Hidayanto) beserta peneliti, penyuluh dan teknisi; comdev PT Kitadin beserta karyawan, kelompok tani; dan juga datang tamu dari comdev pertambangan di Kutai Barat yang melakukan study banding. Setelah acara tanam bersama, dilanjutkan dengan panen bersama tanaman kacang tanah di lokasi lain pada kawasan yang sama, yang merupakan hasil dari musim tanam sebelumnya.

Pada acara tersebut perwakilan dari PT Kitadin antara lain menyampaikan bahwa hasil kerjasama berupa model pengelolaan lahan bekas penambangan batubara untuk pertanian di Kutai Kartanegara yang telah berjalan dengan baik ini telah menarik minat beberapa pihak untuk belajar, studi banding, kunjungan dan juga praktek mahasiswa. Antara lain dari perguruan tinggi, anggota dewan, mahasiswa dan juga dari luar negeri (Texas). Ditambahkan bahwa saat ini ada beberapa perusahaan tambang batubara di kabupaten Kutai Barat yang berminat untuk mengembangkan model serupa di wilayahnya.

Kepala BPTP Kaltim (yang juga sebagai penangungjawab kegiatan) pada acara tersebut menyampaikan bahwa dengan inovasi teknologi, lahan bekas penambangan batubara dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian, baik untuk tanaman padi, jagung, kedelai, kacang tanah, nenas, pepaya, pisang maupun tanaman sayuran lainnya. Selanjutnya kepala BPTP menyampaikan bahwa model pengelolaan lahan bekas penambangan batubara tersebut merupakan kegiatan unggulan di Kaltim, dan mengharapkan agar model yang sudah ada ini dapat direplikasi atau dikembangkan oleh perusahaan tambang batubara lain di kawasan lain, dalam rangka untuk mendukung ketahanan pangan di Kaltim.

Di akhir kegiatan tanam bersama tersebut, ada 2 perusahaan yang tertarik untuk melakukan kerjasama serupa, seperti yang telah dilakukan dengan PT Kitadin selama ini. Perusahaan yang akan melakukan kerjasama tersebut memiliki lahan eks tambang batubara yang cukup luas di kabupaten Kutai Barat, yaitu PT Barito Ekatama (18 ribu ha), PT Turbaindo Coal Mining (23 ribu ha) ***

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com