Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
upg
pustaka
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini943
mod_vvisit_counterKemarin1260
mod_vvisit_counterMinggu ini7585
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7887
mod_vvisit_counterBulan ini34475
mod_vvisit_counterBulan Terakhir42941
mod_vvisit_counterSemua hari1347860

Online (20 menit yang lalu): 19
IP Anda: 3.230.154.129
,
Hari ini: 30 Mei, 2020
Pupuk Organik Penyelamat Lahan Bekas Tambang PDF Cetak E-mail
Oleh Nur Rizqi B   
Rabu, 20 Maret 2013 07:09

Lahan bekas tambang batubara  di Kalimantan Timur semakin meningkat dari tahun ke tahun. Para ahli melaporkan bahwa pembukaan lahan tambang batubara mengakibatkan penurunan produktivitas tanah.  Suprapto, SJ (2008) menyatakan bahwa masalah utama yang timbul pada wilayah bekas tambang adalah perubahan lingkungan.

Keberhasilan memperbaiki lahan eks tambang dapat dilakukan dengan perbaikan lahan pratanam, pemilihan species yang cocok dan penggunaan pupuk. Pemilihan kombinasi tanaman pakan ternak (TPT) perlu dilakukan dengan tepat sehingga produksi hijauan yang optimal dapat tercapai. Hasil pengkajian yang dilakukan BPTP Kaltim pada tahun 2011 menunjukkan bahwa Kombinasi tanaman pakan ternak dan perlakuan pemupukan yang tepat  dapat meningkatkan produktivitas lahan bekas tambang. Pupuk organik sebesar 20 ton per Ha mampu meningkatkan produksi tanaman pakan ternak di lahan bekas tambang lebih dari 250%. Pupuk organik yang dipakai adalah pupuk kandang. Adapun perlakuan tanah pada lahan bekas tambang dengan menggunakan traktor, disebabkan kerasnya lahan.  Sedangkan tanaman pakan ternak yang sesuai di lahan bekas tambang terutama untuk padang penggembalaan adalah kombinasi hijauan Brachiaria sp dan Centrosema pubescens.

 

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com