Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini596
mod_vvisit_counterKemarin877
mod_vvisit_counterMinggu ini4537
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini18537
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033329

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 18.232.171.18
,
Hari ini: 23 Agus, 2019
Pelatihan Kelembagaan MP3MI di Paser PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Dhyani Nastiti   
Kamis, 11 Oktober 2012 09:58

Pelatihan Kelembagaan pada kegiatan M-P3MI dilaksanakan di Desa Padang Pangrapat Kabupaten Paser pada tgl 3 Oktober 2012.  Kegiatan pelatihan bertema  “Pembentukkan  dan Manajemen LKM-A”.  Narasumber adalah Dwi Kuswantoro, MM. (TOT motivator penumbuhan LKM-A dari Yogyakarta) dan Dr. Ir. Tarmisol, MP.  dari BPTP Kaltim. Peserta pelatihan adalah pengurus dan anggota Gapoktan Jona Kering Desa Padang Pangrapat yang telah memperoleh dana PUAP pada tahun 2008 sebesar 100 juta.

Lembaga Keuangan Mikro (LKM) adalah lembaga keuangan dan pembiayaan yang didirikan dan dimiliki bersama oleh warga masyarakat untuk memecahkan masalah/kendala permodalan dan kebutuhan dana yang dihadapi para anggotanya.  Namun dalam penumbuhan LKM-A tersebut sangat dibutuhkan perubahan sikap antara lain : sikap mental meminta kepada sikap memberi, cara berfikir jangka pendek menjadi cara berfikir jangka panjang, cara berfikir tidak kritis menjadi cara berfikir kritis, cara berfikir tidak rasional menjadi cara berfikir rasional, cara berfikir feodal menjadi cara berfikir syura demokratis, cara berfikir berorientasi fisik material menjadi cara berfikir berorientasi pada pemberdayaan kelembagaan.  Dalam pengembangan LKM-A mempunyai 2 dimensi yaitu bisnis dan social.

LKM-A bertujuan meningkatkan kualitas usaha ekonomi untuk kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. LKM-A merupakan usaha bisnis yang bersifat mandiri, ditumbuhkembangkan dengan swadaya dan dikelola secara profesional, serta berorientasi untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat lingkungannya.

Dalam rangka pencapaian tujuan LKM-A berfungsi :

  1. Mengidentifikasi, memobilisasi, mengorganisir, mendorong dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota dalam wadah Kelompok Usaha Bersama (KOPTAN) di daerah kerjanya.
  2. Mempertinggi kualitas SDM anggota dan KOPTAN menjadi lebih disiplin, kreatif dan profesional sehingga semakin utuh dan tangguh menghadapi tantangan global ;
  3. Menggalang dan mengorganisir potensi masyarakat dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan kewirausahaan dan kesejahteraannya;

Ciri-ciri utama LKM-A adalah;

  1. Berorientasi bisnis, mencari laba bersama, meningkatkan pemanfaatan ekonomi paling banyak untuk anggota dan lingkungannya.
  2. Berfungsi ganda, juga melakukan fungsi sosial, mengefektifkan penggunaan zakat, infaq, sadaqah, dan wakaf bagi kesejahteraan orang banyak.
  3. Ditumbuhkan dari bawah berdasarkan peran serta masyarakat dan sekitarnya.
  4. Milik bersama masyarakat kecil bawah (mikro) dan kecil dari lingkungan LKM-A itu sendiri, bukan milik   orang seorang atau orang dari luar masyarakat itu.

Ciri Khas LKM-A

LKM-A adalah lembaga milik dan di bawah kendali masyarakat setempat sehingga keuntungan yang diperolehnya adalah juga akan menjadi milik dan hak masyarakat setempat itu; disamping itu maju mundurnya LKM-A ini akan sangat ditentukan oleh masyarakat setempat itu sendiri.

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com