Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini554
mod_vvisit_counterKemarin1119
mod_vvisit_counterMinggu ini2617
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini9516
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1141071

Online (20 menit yang lalu): 13
IP Anda: 18.207.255.49
,
Hari ini: 10 Des, 2019
Manfaat ” Biourine Plus” bagi Pertanian PDF Cetak E-mail
Oleh Nur Rizqi B   
Rabu, 10 Oktober 2012 07:15

Biourine adalah salah satu jenis pupuk cair yang bahan dasarnya terbuat dari urine sapi. Selain pupuk padat, biourine merupakan salah satu alternative pupuk cair yang mampu mengurangi pemakaian pupuk anorganik.  Biourine plus yang dimaksud di sini adalah biourine yang sudah ditambah empon empon. Selain mampu meningkatkan produksi, ‘biourine plus’ mampu mencegah penyakit yang menyerang tanaman, karena adanya empon empon yang ditambahkan. BPTP Kaltim telah melakukan pembinaan pembuatan ‘biourine plus’ kepada kelompok tani “Sumber Rejeki” yang berlokasi di desa Gunung Binjai, Teritip, Balikpapan Timur.

Variasi pemakaian biourine bermacam-macam. Tetapi aplikasi yang banyak dilakukan oleh petani adalah pencampuran 1 : 10 antara biourine dengan air (contoh 1 liter biourine dicampur dengan 10 liter air) dan siap diaplikasikan di lapangan. Untuk keperluan rumah tangga (misalnya pemeliharaan bunga dalam pot atau tanaman sayuran yang ditanam pada polybag ukuran sedang) dapat menggunakan larutan biourine plus (campuran dengan air)  sebanyak 100 cc/tanaman atau per polybag.

Di lapangan aplikasi biourine sudah dilaksanakan pada tanaman pepaya dan tanaman sayuran.  Pada tanaman papaya, biourine plus dapat mencegah timbulnya penyakit keriting pada daun papaya. Sedangkan pada tanaman cabe kecil, biourine mampu menaikkan produksi cabe dari 12 kali panen menjadi 20 kali panen. Berdasarkan pengamat pengguna yaitu petani< biourine yang disemprotekan pada tanaman mampu mengikat pestisida yang diaplikasikan ke tanaman sehingga walaupun hari hujan, pestisida dapat bekerja dengan baik.  Pada tanaman bunga,  biourine dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman, yaitu tanaman lebih hijau dan lebih cepat pertumbuhannya.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com