Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini289
mod_vvisit_counterKemarin808
mod_vvisit_counterMinggu ini5038
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini19038
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033830

Online (20 menit yang lalu): 14
IP Anda: 34.204.179.0
,
Hari ini: 24 Agus, 2019
Pelatihan MP3MI di Balikpapan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Tarmisol dan Dhyani N   
Kamis, 27 September 2012 09:43

Bertempat di desa Karang Joang kecamatan Balikpapan Utara kota Balikpapan pada hari Selasa, 25 September 2012 ,BPTP Kaltim mengadakan pelatihan Aplikasi Penggunaan Pestisida Alami pada Tanaman Hortikultura sebagai bagian dari program Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi (MP3MI) dalam rangka mendukung program Kementerian Pertanian menuju terwujudnya pertanian unggul berkelanjutan yang berbasis sumberdaya lokal serta untuk meningkatkan kemandirian pangan, nilai tambah, daya saing, ekspor dan kesejahteraan petani.Pelatihan diikuti oleh 65 peserta berasal dari petani hortikultura setempat dan para petugas penyuluh pertanian Kota Balikpapan. Sebagai narasumber mengundang pakar yang berasal dari 1) Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik (Balittro) Bogor, Prof. Dr. Ir. Mesak Tomber, MS dengan materi : (a) Pembuatan pestisida alami dari bahan alam untuk penaggulangan hama dan penyakit pada tanaman hotikultura; dan (b)  Cara aplikasi dan penggunaan pestisida alam ke tanaman hortikultura,  2) Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang Dra. Euis dengan materi (a) Pengenalan varietas baru tanaman hortikultura produk Balitsa, (b) Penanggulangan hama dan penyakit dengan memanfaatkan pestisida alami untuk tanaman hortikultura, dan (c) SOP penggunaan pestisida sintetik.

Pada kesempatan tersebut, dalam sambutannya, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kaltim Dr.Ir.M.Hidayanto,MP mengemukakan bahwa fokus M-P3MI adalah model percontohan, untuk tahap selanjutnya dilakukan pemasalan inovasi sehingga arahnya menuju kepada perluasan jangkauan penggunaan inovasi. Unit percontohan M-P3MI tersebut berfungsi sebagai laboratorium lapang, juga ajang kegiatan pengkajian, untuk perbaikan teknologi dan perekayasaan kelembagaan pendukung agribisnis. Tujuan utama M-P3MI adalah untuk mepercepat arus diseminasi teknologi, memperluas spektrum atau jangkauan sasaran penggunaan teknologi berbasis kebutuhan pengguna, dan meningkatkan kadar adopsi teknologi inovatif Badan Litbang Pertanian serta untuk memperoleh umpan balik untuk penyempurnaan model pengembangan.

Pada Tahun 2012 sebagai unit percontohan adalah : (1) Kota Balikpapan (Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara), dan (2) Kabupaten Paser (Desa Padang Pangrapat, Kecamatan Paser Belengkong).

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com