Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini116
mod_vvisit_counterKemarin620
mod_vvisit_counterMinggu ini736
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5249
mod_vvisit_counterBulan ini14116
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1028908

Online (20 menit yang lalu): 8
IP Anda: 35.175.120.59
,
Hari ini: 18 Agus, 2019
Panen Perdana Kedelai dan Jagung dengan Wakil Gubernur Kaltim di Lahan Bekas Tambang Batubara PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh M. Hidayanto   
Rabu, 15 Agustus 2012 10:04

BPTP Kaltim melaksanakan Temu Lapang dan Panen Kedelai pada lahan bekas penambangan batubara di Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Sebrang, Kabupaten Kutai Kartanegara pada tanggal 13 Agustus 2012. Hadir pada acara tersebut Wakil Gubernur Kaltim, Wakil Bupati Kukar, Kepala Dinas/Badan/SKPD Provinsi Kalimantan Timur dan Kutai Kartanegara, HKTI, KTNA, Kelompok Tani, Peneliti dan Penyuluh, petugas lapangan serta mitra kerja dari PT Kitadin (perusahaan tambang batubara di Tenggarong Sebrang) dan perusahaan tambang batubara lainnya.

 

BPTP Kaltim,  telah memibuat model pengembangan kawasan bekas penambangan batubara pada lahan sekitar 4 ha dengan berbagai jenis tanaman terutama tanaman pangan alternatiF, antara lain padi (varietas towuti), jagung (Bima 9 dan sukmaraga), kedelai (grobogan), ketela rambat (sawentar, kidal, beta 1 dan 2 dan ungu Kutim), singkong gadjah, dan rumput pakan ternak. Kegiatan yang dibuat model adalah integrasi antara tanaman dan ternak.

Wakil Gubernur bersama dengan Kepala BPTP Kaltim, Mine Manager PT Kitadin, dan Kepala Dinas terkait serta Camat Tenggarong Seberang melaksanakan panen perdana Kedelai dan Jagung di lahan bekas penambangan batubara. Kemudian dilanjutkan dengan temu lapang dengan Wakil Bupati Kutai Kartanegara, para kepala Dinas/Instansi, petugas lapangan dan petani di kawasan tambang tersebut.

Kepala BPTP Kaltim, Dr. Ir. M. Hidayanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan “Peningkatan Produktivitas Lahan Bekas Penambangan Batubara” dilaksanakan di Desa Embalut Kecamatan Tenggarong Seberang karena Kutai Kartanegara mempunyai lahan bekas penambangan batubara yang cukup luas di wilayahnya. Ada sekitar 60-an perusahaan tambang dengan luasan lebih dari 1 juta ha. Lebih lanjut disampaikan bahwa potensi ini sangat besar untuk bisa dimanfaatkan untuk pengembangan tanaman pangan dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Kalimantan Timur.

Wakil Gubernur Kaltim, H. Farid Wadjdy dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerjasama antara BPTP Kaltim dengan PT Kitadin dalam membuat model pengembangan peningkatan produktivitas lahan bekas penambangan batubara ini, dan diharapkan perusahaan tambang lain mengikuti kegiatan yang sama dalam upaya pemanfaatan lahan yang tidak produktif untuk mendukung ketahanan pangan di Kalimantan Timur.

Pada saat yang bersamaan dilakukan penandatanganan kerjasama/ MoU (memorandum of understanding) kegiatan penelitian, pengkajian dan diseminasi inovasi pertanian antara PT Kitadin dan BPTP Kaltim untuk Peningkatan Produktivitas Lahan Bekas Penambangan Batubara di Kutai Kartanegara, yang disaksikan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Para Kepala Dinas/Badan/SKPD dan Camat Tenggarong Seberang. Sebelum acara penandatanganan MoU dilakukan penyerahan secara simbolis benih padi Inpari, kedelai, alat pertanian dan pupuk kepada petani oleh Wakil Gubernur Kaltim dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara.

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com