Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini289
mod_vvisit_counterKemarin808
mod_vvisit_counterMinggu ini5038
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini19038
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033830

Online (20 menit yang lalu): 14
IP Anda: 34.204.179.0
,
Hari ini: 24 Agus, 2019
Panen Raya Padi Hasil Kerjasama PT. Pupuk Kaltim dan BPTP Kaltim PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Tarbiyatul M., dan M.Hidayanto   
Rabu, 08 Agustus 2012 07:31

Bertepatan dengan bulan Ramadhan 1433 H, tepatnya Selasa, 24 Juli 2012 telah dilakukan panen raya padi dan temu lapang hasil kegiatan kerjasama antara PT Pupuk Kaltim dan BPTP Kaltim di Desa Separi, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan kerjasama tersebut berupa uji pupuk NPK + pupuk hayati dan NPK + Humic Acid. Hadir pada kegiatan panen raya tersebut Kepala Dinas Lingkup Pertanian Provinsi Kaltim dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Balitbangda Kukar, HKTI Kaltim, Camat Tenggarong Seberang dan Gapoktan dan anggotanya (31 kelompok tani), petugas lapangan (PPL), peneliti dan penyuluh BPTP serta dari rombongan PT Pupuk Kaltim.

Manajemen PT Pupuk Kaltim pada sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas padi, tidak hanya di Kalimantan Timur tetapi juga di wilayah lain. Lebih lanjut disampaikan  bahwa kegiatan pengujian di lapangan perlu dilakukan oleh institusi yang sesuai dengan tugas dan fungsinya serta  mempunyai sumberdaya yang dibutuhkan yaitu BPTP Kalimantan Timur. Ke depan akan terus dialin kerjasama yang lebih baik lagi untuk mendukung pengembangan pertanian di Kaltim.

Kepala BPTP Kaltim (Dr. Ir. M. Hidayanto) dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung peningkatan produktivitas padi di Kaltim, telah dilakukan pendampingan sekolah lapang pengelolaan tanaman terpadu (SL-PTT) padi di 11 kabupaten/kota se-Kaltim. Program tersebut didukung oleh dinas dan instansi terkait, dan terbukti mampu meningkatkan produktivitas padi.  Lebih lanjut disampaikan bahwa varietas unggul baru (VUB) dan penggunaan pupuk yang tepat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penigkatan produktivitas padi. Khusus untuk penggunaan pupuk, tidak hanya pupuk kimia saja yang digunakan, namun pupuk non kimia sangat dianjurkan untuk memperbaiki kualitas tanah. Sejalan dengan hal tersebut, PT Pupuk Kaltim akan mengeluarkan produk baru dan perlu diuji di lapangan. Untuk itu PT Pupuk Kaltim menggandeng BPTP Kaltim untuk melakukan pengujian efektivitas pupuk baru tersebut. Di akhir sambutannya disampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Pupuk Kaltim atas kepercayaannya kepa BPTP Kaltim untuk melakukan pengujian, juga kepada semua Dinas dan Isntansi terkait atas kerjasamanya selama ini dalam upaya untuk pembangunan pertanian di Kalimantan Timur.

Hasil uji lapangan terhadap produk baru telah dipanen bersama, dan para kelompok tani serta masyarakat setempat melihat langsung di lapangan. Produk baru dari PT Pupuk Kaltim tersebut terbukti meningkatkan produktivitas padi dan meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk serta meningkatkan pendapatan.Terima kasih kepada PT Pupuk Kaltim Bontang atas kerjasamanya, Dinas dan Instansi terkait serta mitra kerja atas kerjasamanya dalam rangka bersama-sama mendukung pengembangan padi di Kalimantan Timur khususnya dalam rangka surplus 10 juta ton beras (secara nasional) tahun 2014.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com