Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini286
mod_vvisit_counterKemarin808
mod_vvisit_counterMinggu ini5035
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini19035
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033827

Online (20 menit yang lalu): 15
IP Anda: 34.204.179.0
,
Hari ini: 24 Agus, 2019
Temu Lapang Pendampingan SL-PTT Kedelai PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Fitri Handayani   
Jumat, 27 Juli 2012 12:32

Salah satu bentuk pendampingan SL-PTT (Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu) kedelai yang dilaksanakan oleh BPTP Kaltim adalah dengan membuat demplot PTT kedelai di lokasi penerima BLBU (Bantuan Langsung Benih Unggul) kedelai. Diantara demplot PTT kedelai ada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Demplot ini ditanam pada tanggal 9 Mei lalu, dan pada tanggal 17 Juli 2012 dilaksanakan Temu Lapang untuk mempercepat penyampaian informasi dan pemasyarakatan teknologi mengenai PTT kedelai, serta untuk memperoleh umpan balik dari petani, petugas lapangan, dan Dinas Instansi terkait.

Acara Temu Lapang ini dihadiri oleh sekitar 30 petani yang berasal dari Desa Sumber Sari, Sungai Payang dan Jonggon Jaya. Rata-rata dari mereka adalah petani kedelai, atau petani yang pernah berusahatani kedelai. Selain itu Temu Lapang  juga dihadiri oleh Kasie Palawija Dinas pertanian Tanaman Pangan kab. Kukar beserta staf, Kabid Mutu dan Gizi Keamanan Pangan BKPP Kab. Kukar beserta staf, Kasie Pemerintahan Kecamatan Loa Kulu mewakili Camat, Kepala Desa Sumber Sari, staf kantor UPTD Pertanian Loa Kulu, dan Kepala BPP Loa Kulu beserta beberapa Petugas Penyuluh Lapang. Dari BPTP sendiri hadir Kepala Balai (Dr. Ir. M. Hidayanto, MP.), Kasie KSPP, serta beberapa peneliti dan penyuluh.

Temu Lapang diawali dengan laporan dari penanggungjawab kegiatan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari kepala BPP Loa Kulu, Kepala BPTP Kaltim, perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Kukar, perwakilan BKPP Kukar, perwakilan Camat Loa Kulu, dan Kepala Desa Sumber Sari. Setelah sambutan dilanjutkan dengan diskusi. Selama sesi diskusi ada beberapa petani yang menyampaikan pertanyaan seputar usahatani kedelai, membagi pengalaman dalam bercocok tanam kedelai, bahkan menyampaikan kritik tentang BLBU kedelai. Acara temu lapang diakhiri dengan kunjungan ke demplot PTT kedelai dan foto bersama.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com