Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini119
mod_vvisit_counterKemarin620
mod_vvisit_counterMinggu ini739
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5249
mod_vvisit_counterBulan ini14119
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1028911

Online (20 menit yang lalu): 7
IP Anda: 35.175.120.59
,
Hari ini: 18 Agus, 2019
Temu Lapang Kajian Peningkatan Produktivitas Lahan Bekas Tambang Batubara PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Mulni E   
Jumat, 20 Juli 2012 14:46

Temu Lapang Kajian Peningkatan Produktivitas Lahan Bekas Tambang Batubara
Melalui Penerapan Usahatani Terpadu (Tanaman Pangan, Hortikultura dan Ternak)

Bertempat di Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara pada tanggal 18 Juli 2012 dilaksanakan Temu Lapang Kegiatan Kajian Peningkatan Produktivitas Lahan Bekas Tambang Batu Bara. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara BPTP Kaltim dengan PT Kitadin dan Kelompoktani Mandiri Bersama. Hadir dalam temu lapang tersebut Kepala BPTP, Pejabat PT Kitadin, Sekretaris Camat, Kepala Desa Embalut, Koordinator PPL, Sejumlah PPL, peneliti dan penyuluh BPTP Kaltim serta petani yang terlibat dalam kegiatan tersebut, yang berjumlah + 50 orang.

Tujuan kegiatan ini adalah mensosialisasikan kajian, yang titik beratnya memperbaiki fungsi lahan yang rusak karena aktivitas tambang menjadi lahan pertanian dan peternakan. PT Kitadin mempunyai  lahan bekas tambang yang cukup luas, namun yang dipinjamkan untuk kegiatan sekarang ini mencakup 15 Ha. Komoditas yang ditanam di lahan bekas tambang  adalah Jagung komposit (varietas Sukmaraga dan Bima 9) dan jagung manis, yang benihnya berasal dari Balitjestro Sulawesi Selatan,  padi gogo varietas Towuti (benih berasal dari Balitpa, Jawa Barat), kedele varietas  Grobogan, Burangrang dan Anjasmoro (asal benih Balitkabi, Malang), beberapa varietas ubi jalar asal Balitkabi Malang,  dan hijauan pakan ternak unggu (setaria, brachiaria dan centrosema). Selanjutnya kegiatan akan melakukan kajian pakan sapi dari limbah tanaman pangan dan pengolahan limbah sapi (biourine, kompos dan biogas) untuk tanaman pangan. Inovasi Teknologi yang diterapkan adalah teknologi  pengelolaan tanaman terpadu (PTT) dan pengelolaan hama penyakit ramah lingkungan.

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com