Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini569
mod_vvisit_counterKemarin1119
mod_vvisit_counterMinggu ini2632
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini9531
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1141086

Online (20 menit yang lalu): 19
IP Anda: 18.207.255.49
,
Hari ini: 10 Des, 2019
Pelatihan Budidaya Kakao di Kab. Berau dan Nunukan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh M.Hidayanto dan Darniati Danial   
Rabu, 23 Mei 2012 11:33

Pada tanggal 9 Mei 2012, bertempat di Desa Tumbit Dayak, Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau, dan tanggal 11 Mei 2012 di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan telah dilaksanakan pelatihan budidaya kakao (pra dan pasca sambung samping) dalam rangka pendampingan Gernas Kakao oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim. Hadir pada kegiatan tersebut dari (a) BPTP Kaltim: Kepala Balai (Dr. Ir. M. Hidayanto), dan pelaksana kegiatan pendampingan Gernas Kakao, (b) peneliti dari Puslit Kopi dan Kakao Indonesia (Dr. Ir. Adi Prawoto); (c) perwakilan Disbun Berau, Disbun Nunukan, BKPPP Berau, para petugas lapangan, serta (d) perwakilan petani kakao di Tumbit Dayak dan di Pulau Sebatik.

Kepala BPTP Kaltim pada sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pendampingan Gernas Kakao di Kalimantan Timur dilaksanakan di dua kabupaten sentra pengembangan kakao, yaitu di Kabupaten Berau dan Kabupaten Nunukan. Di dua kabupetan ini produktivitas kakao umumnya mulai menurun yang diakibatkan oleh tanaman yang sudah tua dan pemupukan yang relatif kurang dan belum sesuai dengan kebutuhan tanaman, serta pemeliharaan yang belum optimal. Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam budidaya kakao di dua kabupaten tersebut banyak permasalahan yang dihadapi oleh petani di lapangan, oleh karena itu dengan adanya pelatihan budidaya kakao di Tumbit Dayak (Kabupaten Berau) dan di Pulau Sebatik (Kabupaten Nunukan) supaya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar produktivitas kakao sesuai yang diharapkan.

Pada acara inti pelatihan, disampaikan tentang teknik budidaya kakao (sambung samping dll), kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan praktek di lapangan. Di kebun kakao, petani yang mengikuti kegiatan tersebut sangat antusias, semangat dan dapat melihat secara langsung tanaman yang sehat, tanaman yang sakit serta buah yang terserang penyakit serta cara penyambungan yang benar. Kemudian dilanjutkan dengan cara pemilihan tanaman entres yang baik, dan klon unggul di kawasan tersebut yang harus dipilih. Sukses untuk petani kakao di Berau dan Nunukan, semoga produktivitasnya terus meningkat sesuai yang diharapkan, dan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com