Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini439
mod_vvisit_counterKemarin930
mod_vvisit_counterMinggu ini2250
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir8638
mod_vvisit_counterBulan ini12694
mod_vvisit_counterBulan Terakhir30202
mod_vvisit_counterSemua hari1110451

Online (20 menit yang lalu): 19
IP Anda: 35.175.180.108
,
Hari ini: 12 Nov, 2019
Akar Manis Mencegah Diabetes PDF Cetak E-mail
Oleh tim redaksi   
Kamis, 10 Mei 2012 09:25

Selama  ini, akar manis (Glycyrrhiza glabra) dikenal sebagai bahan pembuat permen atau minuman. Kini tanaman tersebut juga bakal terkenal sebagai obat anti diabetes. Ilmuwan dari Max Planck Institute Berlin, Jerman menemukan kandungan zat anti diabetes yang disebut amorfrutin pada tanaman akar manis.

Hasil penelitian menunjukkan , zat amorfrutin mampu mengurangi kadar gula darah, berfungsi sebagai zat anti-inflamsi, mencegah pelemakan hati dan dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Akar manis kemungkinan juga cocok untuk pengobatan gangguan metabolisme. Manfaatnya bagi kesehatan didasarkan pada fakta bahwa kerja molekul amorfrutin lansung tertuju pada reseptor dalam nucleus yang disebut PPAR (gamma), kata Sascha Sauer, peneliti utama Max Planc Institute seperti dikutip Science Daily.

PPAR (gamma) adalah reseptor yang berperan dalam pembentukan sel pada lemak dan metabolisme glukosa. Sauer mengatakan, molekul amorfrutin dapat mengaktifkan berbagai gen yang mengurangi konsentrasi plasma dari asam lemak tertentu dan glukosa.  Pengurangan kadar glukosa akan mencegah perkembangan resistensi insulin, penyebab utama diabetes pada orang dewasa.

Hanya saja, menurut Sauer, masih perlu dilakukan upaya pengembangan proses ekstraksi khusus untuk mendapatkan zat amorfrutin dari akar manis dalam konsentrasi yang cukup. Karena konsentrasi zat yang terdapat dalam akarmanis masih teralu rendah ujarnya.

(Sumber : Majalah Gatra, edisi khusus Hari Kartini 2012)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com