Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini593
mod_vvisit_counterKemarin660
mod_vvisit_counterMinggu ini5064
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6072
mod_vvisit_counterBulan ini13973
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1028765

Online (20 menit yang lalu): 16
IP Anda: 3.227.10.125
,
Hari ini: 17 Agus, 2019
Pelatihan Jamur Tiram di Bontang PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Bachrian P   
Kamis, 12 April 2012 09:46

Selama dua hari, tanggal 10-11 April 2012, bertempat di Hotel Andhika Bontang telah dilaksanakan Pelatihan Budidaya Jamur Tiram. Pelatihan diikuti oleh 30 orang peserta dengan nara sumber dari BPTP Kaltim.  Acara pembukaan secara terpadu  7 (tujuh) kegiatan pelatihan dilaksanakan serentak oleh Dinas Perikanan, Kelautan  dan  Tanaman Pangan Kota Bontang bertempat di Hotel Akbar, dan dibuka oleh Walikota Bontang, Bapak Ir. H. Adi Darma, M.Si. Dalam kesempatan tersebut bapak Walikota menyampaikan  bahwa pelatihan ini dimaksudkan untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan, karena Kota Bontang tidak selamanya mengandalkan sumber daya alam gas yang dapat habis sehingga memerlukan sumberdaya pertanian dan perikanan untuk dapat dikembangkan. Pencapaia ini tidak instan tapi memerlukan proses yang dimulai dengan melaksanakan kegiatan pelatihan bagi masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan permodalan dan adanya show room untuk dapat menyajikan produk jamur tiram di Kota Bontang.

Materi Pelatihan disampaikan oleh  Bachrian Pebriyadi,  Karsadi, dan Kristina SB yaitu  pengenalan jamur tiram,  praktek pembuatan baglog dari bahan serbuk kayu dan jerami padi,  sterilisasi baglog dan inokulasi bibit serta pengolahan nugget dan cryspi dari bahan jamur tiram.  Lokasi praktek di laksanakan di BPP Kecamatan Sekambing.  Praktek menghasilkan 249 baglog dengan berat rata rata 900 gram dari serbuk kayu sengon dan 27 baglog berasal dari jerami padi serta semua peserta mencicipi lezatnya nugget dan renyahnya cryspi dari jamur tiram.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com