Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
Katam
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini152
mod_vvisit_counterKemarin1008
mod_vvisit_counterMinggu ini3083
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7945
mod_vvisit_counterBulan ini29005
mod_vvisit_counterBulan Terakhir42941
mod_vvisit_counterSemua hari1342390

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 18.207.254.88
,
Hari ini: 26 Mei, 2020
Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Kristina Silau Berit dan Mulni Erfa   
Senin, 02 April 2012 12:20

Pada tanggal 27 – 28 Maret 2012, bertempat di Hotel Andhika Bontang,  Dinas Perikanan Pertanian dan Kelautan Bontang melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim menjadi  narasumber kegiatan pelatihan yang berlansung selama 2 hari tersebut. Peneliti dan teknisi yang mengisi acara dimaksud adalah Bachrian Pebriyadi, Karsadi dan Kristina Silau Berit. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang petani yang berasal dari Bontang. Adapun materi pelatihan meliputi :  pertanian organik, pengelolaan sampah terpadu, pembuatan MOL (mikroorganisme lokal), pembuatan kompos jerami, pembuatan kompos dengan takakura (limbah rumah tangga) dan pembuatan pupuk cair N, P, K.

Pembuatan MOL, memakai tape dan nenas, keong sedangkan pupuk cair N berasal dari kacang-kacangan, P dari batang pisang dan K dari sabut kelapa. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan petani dapat membuat pupuk organik secara mandiri sehingga pada gilirannya mereka akan menerapkan pertanian organik di lingkungannya.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com