Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Suplemen Sinta
wbs
Katam
upg
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini525
mod_vvisit_counterKemarin875
mod_vvisit_counterMinggu ini525
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6850
mod_vvisit_counterBulan ini14274
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145829

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 3.231.212.98
,
Hari ini: 15 Des, 2019
Sosialisasi UPBS BPTP KALTIM di Desa Bukit Pariaman PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Nurbani, Muryani dan Mulni Erfa   
Senin, 26 Maret 2012 15:47

Tenggarong Seberang adalah daerah yang memiliki luas panen dan produksi padi sawah terbesar yaitu dengan luasan panen 8.981 ha dan menghasilkan 56,86 kw/ha sehingga produksi padi sawah mencapai 51.066 ton dalam tahun 2008. Ini berarti 29.31 persen produksi padi sawah di Kutai Kartanegara dihasilkan oleh Kecamatan Tenggarong Seberang. Sedangkan Kecamatan Tabang merupakan daerah yang memiliki luas panen dan produksi terbesar untuk  jenis padi ladang yaitu dengan luas panen 961 ha dan menghasilkan 34,12 kw/ha sehingga produksi padi ladang mencapai sebesar 3.279 ton dalam tahun 2008.

Potensi lahan di  Kelurahan Separi, Desa Bukit Pariaman mencapai 400 ha, dimana produktivitas padi yang di hasilkan sekitar 4,5 ton GKP. Berdasarkan kondisi diatas dan sejalan dengan program UPBS, Kelurahan Separi dipilih untuk  penanaman VUB. Sosialisasi dilaksanakan pada Kelompok Tani  Gunung Rejeki di Desa Bukit Pariaman. Pertemuan tersebut di hadiri oleh ketua kelompok tani Gunung Rejeki beserta anggota kelompok tani, Pimpinan Rice Procesing Unit (RPU) Tenggarong Seberang, Kepala Distan Pertanian Kabupaten Kutai Kartanegara, Kepala  Cabang Dinas Pertanian  (KCDP) Tenggarong Seberang, Ketua Kelompok tani/Gapoktan, dan PPL Separi berjumlah, kurang lebih 30 orang.  Pertemuan kelompok tani dibuka oleh KCDP Tenggarong Seberang sekaligus menjadi moderator. Selanjutnya presentase disampaikan oleh Syahrani mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kukar dan Pimpinan RPU.  Pada kesempatan tersebut  Syahrani mengharapkan Desa Pariaman  yang merupakan salah satu dari 18 kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai lumbung pangan dapat meningkatkan produktivitas dan meningkatkan indek pertanaman (IP) dari 200 menjadi 300. Hal ini tentu saja harus didukung oleh pengairan/irigasi yang baik.  Disamping itu pihak RPU mengharapkan gabah yang dihasilkan di Desa Bukit Pariaman akan dibeli oleh pihak RPU/Perumda  sesuai harga gabah di pasaran dengan syarat  kualitas, khususnya kadar air dan persentase campuran dengan kotoran rendah. Pihak RPU juga bersedia membantu benih sekitar 375 kg untuk luasan lahan 15 ha.  Dengan bimbingan teknis dari BPTP Kaltim, pihak RPU optimis program ini bisa berhasil.

Pada kesempatan tersebut BPTP  Kaltim  mensosialisasikan  Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT). Pada acara sosialisasi tersebut dengan  peran  aktif petani diperoleh beberapa kesepakatan antara lain:

  1. Benih Unggul, Untuk meningkatkan produktivitas penanaman padi pada musim gadu/MK  (April-September), menggunakan benih unggul/benih bersertifikasi.
  2. Penanaman dengan cara jajar legowo 2 : 1
  3. Umur persemaian muda maksimal 21 hari.
  4. Tanam 1-2 rumpun/pertanaman.
  5. Pengembalian bahan organik (BO) dengan pemanfaatan limbah hasil pertanian berupa jerami dan sekam padi dengan cara pengomposan.
  6. Pengendalian hama/penyakit mengikuti konsep PHT.

Dari hasil diskusi CPCL ditentukan bahwa Kelompok Tani Gunung Rejeki dengan petani pelaksana Jamasri dengan luas 1 ha sebagai  VUB. Adapun sarana saprodi untuk demplot  dan bimbingan teknis pembenihan menjadi tanggung jawab  BPTP Kaltim. Pada kesempatan tersebut BPTP Kaltim juga menyerahkan benih VUB yaitu Inpari 1, 3,4,6,7 dan 10 masing-masing varietas 10 kg, sebagai percepatan penyebaran benih VUB. Di Desa Bukit Pariaman juga dilaksanakan kegiatan pengawalan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT).

Peta wilayah Kabupaten  Kutai Kartanegara

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com