Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
upg
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini172
mod_vvisit_counterKemarin989
mod_vvisit_counterMinggu ini1161
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6407
mod_vvisit_counterBulan ini19329
mod_vvisit_counterBulan Terakhir24645
mod_vvisit_counterSemua hari1058766

Online (20 menit yang lalu): 8
IP Anda: 34.204.194.190
,
Hari ini: 22 Sep, 2019
Luka Bakar Sembuh dengan Pepaya PDF Cetak E-mail
Oleh admin   
Rabu, 29 Februari 2012 08:02

Pepaya (Carica papaya) buah jingga yang murah-meriah ini sangat identik untuk melancarkan buang air besar. Di samping sebagai pelancar buang air besar, pepaya ternyata sangat baik untuk regenerasi kulit. Salah satunya adalah menyembuhkan luka bakar.

Kandungan di dalam buah pepaya, yaitu: zinc, kalsium, fosfor, magnesium, selenium, betakaroten, lutenin, vitamin A dan C, dan enzim papain. Enzim papain terdapat di getahnya. Getahnya  dapat ditemui di dalam buah, daun, akar, dan batangnya. Enzim papain inilah yang dapat menyembuhkan luka bakar.

Menurut dr. Erna Cipta Fahmi, dokter herbal sekaligus pemilik perkebunan organik “Kebon Q-ta” mengatakan bahwa enzim papain merupakan enzim yang meregenerasi kulit yang telah rusak atau mati, selain itu dapat mengenyalkan kulit karena sifatnya adalah meluruhkan lemak. Makanya ketika orang akan memasak daging sapi, biasanya daging sapi tersebut digosok-gosok dahulu dengan menggunakan daun pepaya agar cepat lunak.

Pepaya yang digunakan untuk menyembuhkan luka bakar adalah pepaya muda karena getah di pepaya muda masih sangat banyak. Jadi untuk menyembuhkan luka bakar sebaiknya menggunakan pepaya yang masih muda.

Sebelum dibalurkan ke luka bakar, dibalurkan dahulu ke punggung tangan. Diamkan selama 15 menit, apabila terasa gatal dan kemerahan, sebaiknya jangan menggunakan getah pepaya sebagai penyembuh luka bakar. Hal ini mengindikasikan bahwa kulit kita alergi terhadap getah pepaya.

Selain pengobatan dari luar, pengobatan dari dalam pun sangat disarankan untuk proses penyembuhan luka bakar. Setiap hari, sebelum makan sebaiknya mengkonsumsi buah pepaya yang sudah matang. Tidak diperbolehkan makan buah pepaya yang masih muda secara langsung karena akan berdampak buruk bagi lambung.

sumber : sinar tani

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com