Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
Suplemen Sinta
Katam
pustaka
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini572
mod_vvisit_counterKemarin944
mod_vvisit_counterMinggu ini4588
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini11487
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1143042

Online (20 menit yang lalu): 24
IP Anda: 3.234.214.113
,
Hari ini: 12 Des, 2019
Pelatihan Petani Kooperator SL-PTT di BPTP Kaltim PDF Cetak E-mail
Oleh Agus Heru Widodo, Nurbani dan Mulni Erfa   
Rabu, 28 Desember 2011 11:57

Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan pemahaman petani terhadap kegiatan SL-PTT di Kalimantan Timur telah dilaksanakan pelatihan petani kooperator SL-PTT di BPTP Kaltim pada tanggal 22 Desember 2011 bertempat di auditorium BPTP Kaltim Sempaja – Samarinda. Acara yang dibuka oleh Kepala BPTP Kaltim, Dr. Ir. M. Hidayanto, MP, dihadiri oleh 40 orang petani dari 4 (empat) Kabupaten Paser, PPU, Kutai Barat dan Kutai Kartanegara serta 1 (satu) Kota yaitu Samarinda, selain itu diikuti pula oleh petugas lapangan (PPL) dan para peneliti dan penyuluh BPTP Kaltim. Dalam sambutannya Dr. Ir. M. Hidayanto menekankan arti pentingnya peningkatan produksi beras dalam rangka mendukung Gerakan Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN). Dimana Gerakan ini dicapai melalui pendekatan Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT). Teknologi yang disusun dalam PTT bersifat spesifik lokasi dengan mempertimbangkan keragaman sumberdaya, iklim, jenis tanah, sosial-ekonomi-budaya masyarakat, serta menjaga kelestarian lingkungan.

Sementara itu, Ir. Nurbani selaku penanggung jawab kegiatan SL-PTT di BPTP Kalimantan Timur menyampaikan beberapa falsafah tentang SL-PTT, diantaranya Prinsip Utama PTT, yaitu :
• Partisipatif : peran aktif petani menentukan teknologi dan pembelajaran 
• Spesifik lokasi : teknologi, sosial budaya dan ekonomi 
• Terpadu : tanah, air, dan tanaman dikelola dengan baik 
• Sinergi atau serasi : saling dukung antar komponen teknologi terbaik 
• Dinamis : sesuai dengan perkembangan IPTEK dan sosek setempat.

Selain itu disampaikan pula komponen teknologi dasar dan pilihan yang disesuaikan dengan spesifik wilayah setempat , yaitu :

Komponen Teknologi Dasar: 
• Varietas unggal baru, inbrida atau hibrida
• Benih bermutu dan berlabel
• Pemberian bahan organik (melalui pengembalian jerami ke sawah atau dalam bentuk kompos) 
• Pengaturan populasi tanaman secara optimal
• Pemupukan berdasarkan kebutuhan tanaman dan status hara tanah
• Pengedalian OPT dengan pendekatan PHT

Komponen Teknologi Pilihan: 
• Pengolahan tanah sesuai musim dan pola tanam
• Penggunaan bibit muda (< 21 hari)
• Tanam bibit 1 – 3 batang per rumpun
• Pengairan secara efektif dan efisien
• Penyiangan dengan landak atau gasrok
• Panen tepat waktu dan gabah segera dirontok

Acara yang berlangsung satu hari tersebut pada saat diskusi selalu dibumbui humor-humor segar sehingga petani tidak merasa jenuh dan bosan berada di dalam ruangan. Beberapa masukan yang disampaikan petani juga menjadi catatan bagi peneliti, penyuluh dan petugas lainnya terutama kearifan lokal yang harus diperhatikan karena merupakan bagian dari Prinsip Utama Penggelolaan Tanaman Terpadu. Begitu banyak pengalaman dari masing-masing petani yang menjadi keunggulan di daerahnya menjadi bahan informasi untuk diterapkan di lokasi yang berbeda.

Setelah diskusi berakhir, acara yang dipandu oleh Ir. Nurbani selaku penanggung jawab SL-PTT tersebut ditutup dengan resmi dan dilanjutkan dengan berfoto bersama. Semoga apa yang telah dilakukan dan di diskusikan bersama selama satu hari tersebut dapat membawa manfaat bagi bapak dan ibu petani khususnya dan dunia pertanian Kalimantan Timur pada umumnya. Sekali lagi......semoga keberadaan BPTP Kaltim selalu dinanti dan diharapkan oleh masyarakat petani di Kalimantan Timur dan apa yang kita lakukan membawa berkah bagi umat manusia karena Allah SWT bersama dengan orang-orang yang mau merubah hidupnya menjadi lebih baik, Semangat Petani adalah Semangat BPTP Kaltim, Barakalahufikum.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com