Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Portal PPID
wbs
pustaka
Katam
Suplemen Sinta
LPSE
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini148
mod_vvisit_counterKemarin1427
mod_vvisit_counterMinggu ini1575
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir13260
mod_vvisit_counterBulan ini7572
mod_vvisit_counterBulan Terakhir49821
mod_vvisit_counterSemua hari2055282

Online (20 menit yang lalu): 14
IP Anda: 3.81.89.248
,
Hari ini: 05 Des, 2021
Peran ioT dalam mendukung era pertanian 4.0 di Indonesia. PDF Cetak E-mail
Oleh Widyanto   
Jumat, 07 Mei 2021 14:34

Sobat tani saat ini kita sudah memasuki era perkembangan teknologi industri 4.0 dimana  semua sistem produksi dan operasi industri sudah berbasis digitalisasi, komputasi yang mengintensifkan pemanfaatan Internet dalam skala yang cukup luas. Seiring berjalannya waktu teknologi industri 4.0 mampu meningkatkan usaha pertanian konvensional menjadi era pertanian 4.0. Dalam perkembangan pertanian 4.0, iot merupakan aspek teknologi yang tidak dapat dipisahkan.


IOT (INTERNET OF THINGS)  adalah  komponen utama yang membentuk semua teknologi yang digunakan saat ini,dengan pengertian lain bahwa IOT adalah Konsep Obyek tertentu yang memiliki kemampuan mentrasfer data melalui jaringan tanpa interaksi dari manusia ke manusia atau manusia ke perangkat KOMPUTER. Kemampuan IOT sendiri sangat bermacam -  macam, mulai dari berbagi data, menerima data, sebagian remote kontrol dan masih banyak lagi lainnya.


Kementerian Pertanian Indonesia melalui Badan Litbang pertanian saat ini sudah mengembangkan teknologi pertanian berbasis IOT antara lain sebagai berikut :

1. ( smart irrigation) irigasi pintar yg memiliki teknologi sensor dan otomatisasi dalam pembacaan kondisi lahan berupa kondisi kadar air tanah dan lingkungan sekitarnya dan  kontrol pengoperasian irigasi secara otomatis.


2. Autonomous traktor.  traktor roda 4 ini memiliki kelebihan antara lain desain kontroler yang dapat dipindahkan ke ktraktor lain dan memiliki sistem navigasi GPS real time kinematika.


3. Robot Tanam Padi


4.smart Green house


5.telescoping Boom sprayer


6.pemasang dripe line irigasi


7.Drone penebar benih.


Semua inovasi yang telah dikembangkan oleh kementerian pertanian Indonesia melalui Badan Litbang pertanian ini diharapkan mampu mempercepat akselerasi pembangunan sektor pertanian 4.0 Indonesia sehingga dapat dimanfaatkan sesuai kondisi dan keadaan pertanian daerah yang tentunya perlu penelitian dan pengembangan yang berbasis spesifik lokasi. Maju Terus Litbang Pertanian Indonesia... Tetap Semangat

Sumber :

www.qwords/blog/iOT

www.antaraNews.com

www.litbang.pertanian.go.id

Http://mekanisasi.litbang.Pertanian.go.id

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com