Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
pustaka
Suplemen Sinta
LPSE
Portal PPID
Katam
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini108
mod_vvisit_counterKemarin1518
mod_vvisit_counterMinggu ini108
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir10666
mod_vvisit_counterBulan ini108
mod_vvisit_counterBulan Terakhir38043
mod_vvisit_counterSemua hari2408614

Online (20 menit yang lalu): 13
IP Anda: 44.200.137.63
,
Hari ini: 01 Okt, 2022
Alat ukur sederhana kesuburan tanah. PDF Cetak E-mail
Oleh Rosdina N   
Selasa, 02 Maret 2021 12:21

Permasalahan yang sering terjadi dalam bidang pertanian adalah mendapatkan hasil panen yang tidak merata dalam satu lahan pertanian. Identifikasi awal mengenai kondisi fisik dan unsur hara pada lahan pertanian diharapkan dapat menjadi solusi pengolahan lahan yang tepat. Sebuah alat sederhana yang dibuat dengan menggunakan media lampu pijar 100 watt dimana salah satu kabelnya diputus dan dihubungkan kedalam tanah untuk menguji seberapa besar kemampuan tanah untuk menghantarkan arus listrik (electrical conductivity). Alat ini kita tancapkan kedalam sampel tanah dalam wadah yang dibasahi dengan kondisi macak-macak, jika menghasilkan nyala lampu yang redup maka daya hantar listrik tanah tersebut rendah.

Sebaliknya, jika menghasilkan nyala lampu yang terang maka daya hantar listrik tanah tersebut tinggi. Daya hantar listrik yang tinggi dapat mengindikasikan kandungan kation bebas dari unsur Kalsium, Natrium, Kalium, Magnesium, Boron dll yang merupakan beberapa unsur yang dibutuhkan tanaman. Namun perlu diingat bahwa nilai daya hantar listrik yang terlalu tinggi juga dapat mengindikasikan tanah jenuh hara yang menghambat penyerapan hara oleh akar tanaman. Sehingga penggunaan alat ini disarankan hanya sebagai deteksi awal saja, serta tetap perlu diiringi oleh pengujian tanah lebih lanjut untuk mendapatkan gambaran kondisi kesuburan tanah lebih tepat.

Sebagai catatan tambahan, alat ini tidak dianjurkan digunakan pada lahan dengan salinitas tinggi sebab nyala lampu yang terang bisa juga mengindikasikan tingginya kadar garam dalam tanah yang justru tidak baik bagi tanaman.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com