Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
upg
pustaka
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini911
mod_vvisit_counterKemarin1260
mod_vvisit_counterMinggu ini7553
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7887
mod_vvisit_counterBulan ini34443
mod_vvisit_counterBulan Terakhir42941
mod_vvisit_counterSemua hari1347828

Online (20 menit yang lalu): 20
IP Anda: 3.230.154.129
,
Hari ini: 30 Mei, 2020
Rantau Pulung Panen, Jaga Stock Pangan di Tengah Pandemi Covid-19. PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Ekayujaya   
Jumat, 03 April 2020 14:32

Rantau Pulung merupakan salah satu wilayah administratif di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) serta merupakan kecamatan hasil pemekaran Kecamatan Sangatta yang dibentuk berdasarkan Perda Nomor 12 tahun 2005. Daerah ini merupakan eks pemukiman transmigrasi yang dibuka era awal 90'an. Untuk itu wilayah ini memiliki potensi sektor pertanian yang cukup bagus.

Data BPS Kab.Kutim bahkan menyebutkan potensi pertanian di wilayah ini menempati urutan tiga besar setelah Kecamatan Kaubun dan Kecamatan Kaliorang dengan tingkat produktivitas padi sawah mencapai 45,5 Kw/Ha.

Salah satu varietas padi sawah yang di budidayakan di Rantau Pulung adalah, Mekongga. Varietas padi yang di lepas oleh Kementerian Pertanian pada tahun 2004 ini masih tetap dibudidayakan oleh petani di Rantau PulungĀ  mengingat varietas ini memiliki rasa pulen sehingga lebih disukai, disamping itu varietas ini sudah cukup adaptif serta memiliki ketahanan terhadap hama wereng cokelat serta penyakit hawar daun.

Salah satu wilayah yang masih membudidayakan varietas ini adalah Desa Rantau Makmur. Dan di awal bulan ini, Kelompok Tani Sumber Makmur melakukan budidaya hingga panen. Meski dalam ujicobanya varietas ini bisa mencapai produktivitas 6 t/Ha, petani di daerah ini bisa mencapai hasil 4t/Ha, suatu hasil yang cukup mengingat proses budidaya yang tidak terlalu optimal di tengah kondisi wabah covid19 yang menjadi tantangan tersendiri bagi petani untuk tetap beraktivitas di lahan pertaniannya.

Dengan luasan panen 1 Ha (02/04) pada lahan seluas 20 Ha, panen padi varietas mekongga kali ini diharapkan mampu menjadi sumbangan produksi pangan bagi masyarakat, khusus nya masyarakat di Kecamatan Rantau Pulung, Kab.Kutim.

---

Kontributor Lapangan :

M.Herry, SP (PPL Kec.Rantau Pulung)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com