Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
upg
pustaka
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini971
mod_vvisit_counterKemarin1260
mod_vvisit_counterMinggu ini7613
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7887
mod_vvisit_counterBulan ini34503
mod_vvisit_counterBulan Terakhir42941
mod_vvisit_counterSemua hari1347888

Online (20 menit yang lalu): 20
IP Anda: 3.230.154.129
,
Hari ini: 30 Mei, 2020
Dukung Ketersediaan Pangan Dengan Pemberdayaan Pekarangan Melalui OPAL PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha dan Afrilia   
Senin, 10 Februari 2020 19:59

Pangan merupakan salah satu bagian dari hak asasi individu dan merupakan komponen dasar untuk mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas. Hal ini dapat diwujudkan dengan cara mempersiapkan dan mengembangkan ketersediaan pangan yang terpenuhi bagi setiap rumah tangga, tingkat paling dasar adalah penyiapan ketersediaan pangan di tingkat rumah tangga.

Untuk mendukung terwujudkan ketersediaan pangan di tingkat rumah tangga, BPTP Balitbangtan bersinergi dengan  Dinas Ketahanan Pangan Kota Samarinda dalam kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini Penanggung Jawab Kegiatan Pendampingan Tagrimart/OPAL ( Afrilia Tri Widyawati) yang didampingi oleh tim dari Dinas Pertanian Prov.Kaltim dan Praktisi Kesehatan dati RS.AWS Kota Samarinda.

Dengan dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Samarinda (M.Saleh) dan  dihadiri oleh Peserta Ibu PKK tingkat kelurahan, se-Kecamatan Sei Siring. Kedepan, kegiatan ini akan dilaksanakan di seluruh Kecamatan yang ada di Kota Samarinda (10/02).

Karena hal ini merupakan upaya nyata pemerintah untuk memberdayakan ibu rumah tangga dalam mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga. Keluaran akhir nya adalah kemampuan dan kesadaran ibu-ibu rumah tangga untuk membudidayakan berbagai jenis tanaman seperti  umbi-umbian, sayuran, buah, serta budidaya ternak dan ikan sebagai tambahan untuk ketersediaan pangan sumber karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein bagi keluarga nya dan bisa berkembang pada suatu lokasi kawasan perumahan/ warga yang saling berdekatan. Dengan demikian akan dapat terbentuk sebuah kawasan yang kaya akan sumber pangan yang diproduksi sendiri dari hasil optimalisasi pekarangan.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com