Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Katam
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini803
mod_vvisit_counterKemarin974
mod_vvisit_counterMinggu ini6778
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini13677
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145232

Online (20 menit yang lalu): 12
IP Anda: 18.207.255.49
,
Hari ini: 14 Des, 2019
Training Komuikasi dan Fotografi Tim Aciar PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sundari dan Sionita G   
Sabtu, 30 November 2019 15:17

ACIAR melaksanakan raining Communication and Storytelling  yang dilaksanakan selama 5 hari  dari tanggal 26 sampai 29 November di Swissbell Hotel Balikpapan. Peserta berasal dari BPTP Kaltim, Riau, Sumsel dan Kalsel juga hadir Narasumber ACIAR/UNE, Conor Asleigh dan tim Aciar Puslitbangnak. Kegiatan Training Storytelling di buka oleh Kasubag TU BPTP Kaltim, Bachrian P.

Pada hari ke dua Training Storytelling dilaksanakan kunjungan lapang di Kelompok Ternak Sido Maju Desa Bukit Raya Kecamatan Samboja yang diketuai oleh Sugeng.

Pelaksanaan kegiatan training ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan para peserta terutama tim lapangan serta supervisor setiap BPTP, terkait fotografi, komunikasi dan bercerita (storytelling).

Ada 4 tips yang diberikan dalam fotografi, yakni subjek yang akan difoto, komposisi foto, pencahayaan, serta sudut pengambilan foto.

Foto-foto yang telah diambil akan diberikan caption (keterangan) agar foto tersebut dapat lebih "berbicara" sehingga foto tersebut dapat dimengerti.

Tip selanjutnya dalam membuat caption sebuah foto adalah 4 W, yakni Who (siapa), Where (di mana), What (apa yang dilakukan), dan yang terakhir adalah Why (mengapa foto tersebut diambil).

Lebih jauh, selain membuat caption (keterangan) foto, diperlukan juga kemampuan untuk membuat cerita. Bagian-bagian dari sebuah cerita adalah bagian awal (introduction), lalu isi (body), dan diakhiri dengan kesimpulan (conclution). Ketiga hal tersebut harus sering dipraktikkan dalam menulis, sehingga seiring berjalannya waktu, seseorang akan semakin pandai menuangkan gambar ke dalam tulisan, dan semakin bagus dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Para peserta training telah mengikuti kegiatan dengan antusias serta mempraktikkan cara pengambilan foto dan membuat caption dengan baik. Ke depannya, peserta training terutama petugas lapang tidak hanya mampu mengambil foto dengan baik, tetapi juga dapat menuangkan foto ke dalam sebuah cerita.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com