Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
Katam
Suplemen Sinta
pustaka
upg
Portal PPID

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini579
mod_vvisit_counterKemarin365
mod_vvisit_counterMinggu ini3204
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir9174
mod_vvisit_counterBulan ini13683
mod_vvisit_counterBulan Terakhir34224
mod_vvisit_counterSemua hari1432942

Online (20 menit yang lalu): 16
IP Anda: 18.233.111.242
,
Hari ini: 12 Agus, 2020
Pelatihan dan Pembuatan Alat Pengering Ikan Sederhana menggunakan Plastik UV dan Hidroponik PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Tim Redaksi   
Kamis, 08 Agustus 2019 10:25

(Desa Tubuhan, 5-7 Agustus 2019) Dilakukan kegiatan Pelatihan dan Pembuatan Alat Pengering Ikan Sederhana Menggunakan Plastik UV dan Hidroponik diikuti oleh warga Desa Tubuhan, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara. Pelatihan dibuka oleh Kepala Desa Tubuhan selaku penanggungjawab dan tim pendamping dana desa dalam hal pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG), dengan narasumber  Saut Edo Riko Manurung, M.Sc., dan Karsadi A.Md. Peserta pelatihan adalah warga Desa Tubuhan dan Mahasiswa KKN UNMUL.

Melihat kebutuhan warga Desa Tubuhan yang mayoritas bekerja sebagai nelayan, maka  Kepala Desa Tubuhan berinisiatif menyelenggarakan pelatihan pembuatan alat pengering ikan dengan memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber energi. Dengan ketersediaan alat pengering ikan sederhana tersebut, diharapkan dapat menghasilkan produk ikan kering (ikan asin) yang higienis, bersih dan dapat dikeringkan dalam waktu yang lebih cepat. Hal ini juga dilakukan untuk dapat meningkatkan perekonomian nelayan yang selama ini hasil tangkapan langsung dibeli oleh pengepul ikan.

Kondisi alam Desa Tubuhan yang merupakan lahan rawa dan sangat terbatas untuk dapat dimanfaatkan, maka dilakukan pengenalan hidroponik kepada warga Desa Tubuhan agar dapat menanam tanaman, terutama tanaman sayur-sayuran sebagai salah satu cara mencukupi kebutuhan sayur-sayuran rumah tangga atau desa.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com