Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Katam
wbs
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini244
mod_vvisit_counterKemarin774
mod_vvisit_counterMinggu ini4768
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7397
mod_vvisit_counterBulan ini18090
mod_vvisit_counterBulan Terakhir28118
mod_vvisit_counterSemua hari1085645

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 3.85.245.126
,
Hari ini: 18 Okt, 2019
Cara Cepat dan Akurat Ketahui Kondisi Tanah PDF Cetak E-mail
Oleh Dimas   
Rabu, 10 April 2019 16:26

Tanah merupakan salah suatu komponen lahan berupa lapisan teratas kerak bumi yang terdiri dari bahan mineral dan bahan organik serta mempunyai sifat fisik, kimia, biologi, dan mempunyai kemampuan menunjang kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Tanah secara harfiah memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan di bumi, karena tanah mampu mendukung kehidupan tumbuhan di mana tumbuhan menyediakan makanan dan oksigen kemudian menyerap karbon dioksida dan nitrogen. Bagi tanaman, tanah adalah elemen penting untuk mendukung kehidupan tanaman, dalam hal ini tanah memiliki fungsi untuk memberikan unsur hara dan sebagai media perakaran, menyediakan air dan sebagai tempat penampungan (reservoar) air, menyediakan udara untuk respirasi akar dan sebagai tempat bertumpunya tanaman.

Adapun tanah yang baik bagi tanaman adalah tanah yang subur, dimana tanah ini mampu menyediakan unsur hara, dalam jumlah yang cukup serta dalam keseimbangan yang tepat dan lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan suatu spesies tanaman.

Saat ini banyaknya aktifitas pememanfaatan tanah yang tak terkendali dapat mengakibatkan kerusakan tanah untuk produksi biomassa, sehingga menurunkan mutu serta fungsi tanah yang pada akhirnya dapat mengancam kelangsungan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Untuk itu perlu adanya pengetahuan yang tepat untuk mengetahui kadar unsur hara yang tepat dalam tanah. Hal itu penting mengingat saat ini, salah satu masalah yang sering dijumpai petani adalah menentukan dosis pemupukan yang tepat. Ketepatan dosis ini terkait erat dengan efektifitas pemupukan dalam meningkatkan produktivitas tanaman serta terhindar dari pemborosan biaya.

Pengetahuan mengenai kondisi awal unsur hara tanah sangat penting dalam menentukan dosis pemupukan, untuk itu Badan Litbang Pertanian telah mengeluarkan inovasi berupa tiga produk perangkat uji kualitas tanah yang praktis, cepat dan murah. Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS), Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK) dan Perangkat Uji Tanah Rawa (PUTR). Perangkat Uji Tanah ini dikemas dalam sebuah tas yang ringan dan mudah dibawa ke lapangan sehingga proses pengujian tanah dapat dilakukan di lokasi. Pengujian dapat dilakukan kurang dari setengah jam serta dapat langsung diperoleh rekomendasi pemupukan secara tepat.

BPTP Balitbangtan Kaltim sebagai salah satu institusi Kementerian Pertanian yang mendampingi petani dilapangan, dalam merekomendasikan penggunaan pupuk yang tepat selalu menggunakan alat ini jika akan memberi rekomendasi pemupukan, salah satunya seperti dilakukan di Kutai Lama baru-baru ini dalam kegiatan peningkatan IP.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com