Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini452
mod_vvisit_counterKemarin752
mod_vvisit_counterMinggu ini1861
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini15861
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1030653

Online (20 menit yang lalu): 9
IP Anda: 3.81.28.94
,
Hari ini: 20 Agus, 2019
SERASI untuk Peningkatan IP di Anggana PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Fitri F   
Sabtu, 16 Februari 2019 10:32

Seperti halnya program "SERASI" Kementerian Pertanian  yang akan dikembangkan, BPTP Balitbangtan Kaltim pun mulai menjalin kerjasama yang harmoni dengan pihak swasta, pemuda tani, dan dinas terkait.

Program Serasi (Selamatkan Rawa Sejahterahkan Petani) ini pada prinsipnya mengembangkan lahan rawa menjadi pertanian produktif yang dapat mencapai peningkatan produktivitas padi. Melalui program Serasi ditargetkan terjadinya peningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dari 1 kali tanam menjadi 2 bahkan 3 kali tanam (IP300).

Untuk itu, saat ini BPTP Balitbangtan mulai melakukan berbagai upaya agar program serasi ini bisa membawa hasil maksimal. Sementara itu saat ini adanya pembuatan saluran pintu-pintu air dan pembuatan long storage menjadikan peluang potensi untuk peningkatan produksi dan luas tambah tanam di Desa Kutai Lama Kec. Anggana.  "Indeks Pertanaman (IP) 300 bisa tercapai di wilayah ini," menurut ka Balai BPTP Balitbangtan Kaltim (M. Amin) saat kunjungannya di hamparan padi sawah Gapoktan Maju Makmur (15/02). Apalagi sudah terbentuk Kelompok Petani Muda "Kutai Lama" yang dapat mendukung optimasi lahan rawa dengan luas 112 ha.

Salah satu upaya yang nantinya akan dilakukan BPTP yaitu dengan mendiseminasikan berbagai inovasi teknologi yang direkomendasikan oleh Kementerian Pertanian, meliputi penggunaan VUB spesifik lokasi, sistem tanam jarwo, penggunaaan mekanisasi pertanian, perbaikan saluran irigasi serta dengan adanya dukungan infrastruktur saluran air yang ada diharapkan akan terjadinya peningkatkan hasil panen padi dan teroptimalkannya lahan rawa yang ada.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com