Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini594
mod_vvisit_counterKemarin877
mod_vvisit_counterMinggu ini4535
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini18535
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033327

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 18.232.171.18
,
Hari ini: 23 Agus, 2019
Panen Buah Duku di UPTD BBI Hortikultura Loa Janan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sundari   
Rabu, 13 Februari 2019 16:53

Dalam  upaya meningkatkan pentingnya konsumsi buah bagi masyarakat dan cinta terhadap buah lokal, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur hari ini Rabu 13 Februari 2019 melaksanakan panen buah di UPTD Balai Benih Induk (BBI) Hortikultura di Desa Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Acara ceremony panen bertempat di Gedung Pendopo UPTD ini,  dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Asisten Ekonomi dan Adbang Sekda Prov. Kaltim, Kepala BAPEDA Prov. Kaltim, Kepala-kepala Dinas Prov. Kaltim, Komandan rayon Militer Loa Janan, BPN, BPTP Kaltim, Biro Humas Setda, Universitas, PKK, KTNA, Pokja, Puskesmas, PT. Pertani, dan seluruh Pimpinan Perusahaan yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Acara dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi H.Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si. Dalam sambutannya Hadi menyampaikan bahwa didalam Kebun Benih Induk ini banyak jenis buah-buahan yang dibudidayakan dan hasilnya memuaskan, salah satu buah yang menarik yang di panen hari ini yaitu  buah duku ternyata bisa tumbuh di wilayah Kalimantan Timur yang rasanya tidak kalah dengan daerah lainnya. "Jika buah duku berhasil di panen dengan memuaskan, saya yakin di lahan lainnya di bisa dikembangkan. Nantinya, keberhasilan tanaman buah duku bisa ditularkan kepada petani di wilayah pedesaan lainnya. Jika dirawat dengan benar, aneka tanaman hortikultura bisa tumbuh dengan baik di lahan", ungkapnya.

Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura selaku penggagas kegiatan panen ini mengatakan kegiatan panen raya perdana komoditas hortikultura (buah duku) ini menunjukkan aneka tanaman hortikultura bisa tumbuh subur di dataran rendah dengan suhu kering. BBIH Loa Janan selaku UPTD dibawah dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur mempunyai tupoksi diantaranya perbanyakan bibit berkualitas, membina secara teknis dalam penyediaan benih yang dilakukan para penangkar.

Benih ini diproduksi dan dipelihara sedemikian rupa sehingga identitas dan tingkat kemurnian varietas dapat dipelihara dan memenuhi standar mutu yang ditetapkan dan harus disertifikasi sebagai Benih Pokok oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih.

Benih berlabel ungu dikembangkan oleh penangkar dan hasilnya berlabel biru, disebut sebagai benih sebar. Benih inilah yang ditanam petani.

Kalimantan Timur sangat kaya dengan komoditas hortikultura yang spesifik lokasi, artinya unggul di daerahnya. Jika bisa dikembangkan dengan skala luas dan bisa beradaptasi di daerah lain, maka bisa diusulkan sebagai pohon induk.

Beberapa jenis tanaman buah-buahan yang dikembangkan maupun sebagai koleksi UPTD BBIH Loa Janan antara lain buah rambutan, cempedak, sawo asahan, pisang barangan, pisang kepok, buah naga merah hibrida yang bisa berbuah tanpa proses perkawinan, manggis, 20 spesies durian kani, durian bintana, durian otong, durian matahari, durian sunan, durian lay, dan beberapa jenis buah-buahan lainnya.

Lokasi UPTD BBIH Loa Janan tidaklah jauh dari pusat kota dengan suasana sejuk dan dingin   menjadi destinasi yang wajib Bubuhan Tani kunjungi, terutama dalam rangka edukasi dan pengenalan buah-buahan yang khas tumbuh di bumi etam ini. #"Mari cintai buah lokal bumi etam"#

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com