Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
upg
wbs
Suplemen Sinta
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini141
mod_vvisit_counterKemarin583
mod_vvisit_counterMinggu ini724
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir4444
mod_vvisit_counterBulan ini12841
mod_vvisit_counterBulan Terakhir21871
mod_vvisit_counterSemua hari877112

Online (20 menit yang lalu): 4
IP Anda: 34.224.102.60
,
Hari ini: 21 Jan, 2019
Kenali Pertanian Sejak Dini PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Selasa, 11 Desember 2018 17:36

SAMARINDA - Banyak cara yang dilakukan untuk mengasah kecerdasan anak, salah satunya dengan memberikan pembelajaran langsung dilingkungannya. Seperti yang dilakukan oleh siswa siswi SD Budi Bakti yang ingin belajar mengenai pertanian dengan melakukan kunjungan edukasi ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kaltim, Jl. PM. Noor, Samarinda. Kunjungan dilaksanakan selama 2 hari (10-11/12) dibagi atas 2 kelompok yaitu kelas 1-3 sebanyak 132 siswa dan hari berikutnya kelompok kelas 4-6 sebanyak 126 siswa.

Kunjungan yang dilakukan di Taman Agro Inovasi BPTP ini dilakukan dalam rangka mengenal sistem budidaya pertanian di taman tersebut. Disamping itu para siswa juga belajar mengenali berbagai jenis tanaman dan sayuran serta ikan lele. Tidak hanya itu para siswa juga diperkenalkan dengan mesin pertanian, mereka bahkan berkesempatan untuk melihat cara kerjanya.

"Kami sangat berterima kasih kepada BPTP yang telah memberikan kesempatan bagi anak-anak kami mengunjungi taman argo inovasi untuk belajar dan mengenal dunia pertanian," jelas Kepala SD Budi Bakti Samarinda. (Venti Yulianti ,S.Pd)

Kata dia, kunjungan tersebut bertujuan untuk mengenalkan dunia pertanian sejak dini mulai tata cara mengelola pertanian, membudi daya ikan lele, pengolahan tanaman, proses penanaman, pemupukan dan lain-lain. Kunjungan ini juga sekaligus sebagai bentuk edukasi para siswa, jadi meraka tidak hanya tahu berbagai jenis tanaman sayuran di buki mata pelajaran akan tetapi bisa melihat proses pengolahan tanaman secara langsung.

"Ini adalah langkah awal untuk kunjungan kami di taman agro inovasi. Diharapkan anak-anak kami dapat mengerti sejak dini tentang pertanian, dan agar mereka memahami bahwa petani yang merupakan salah satu profesi yang sangat mulia. Selain itu, kunjungan kami ini bagian dari mengaplikasikan K-13," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim Muhammad Amin mengatakan, pengenalan pertanian sejak dini memang sangat penting agar kedepannya dapat memacu semangat para siswa dalam mengembangkan sektor pertanian. Pasalnya, generasi muda terutama anak-anak kedepannya diharapkan bisa sebagai motor dalam meningkatkan kualitas SDM yang terjun di bidang pertanian, dibarengi dengan teknologi yang lebih maju dan modern.

"Kami sangat apresiasi dan menyambut baik kunjungan siswa-siswi SD Budi Bakti di taman agro inovasi ini untuk belajar tentang pertanian. Karena generasi muda seperti mereka kedepannya diharapkan menjadi kunci utama dalam mewujudkan kedaulatan pangan di Kalimantan Timur," harapnya.

Ia menyebut, taman agro  inovasi yang berada di halaman Kantor BPTP Balitbangtan Kaltim merupakan sarana bagi masyarakat untuk belajar dan mengenal dunia pertanian serta inovasi teknologi modern.

"Bagi siapa saja yang ingin belajar inovasi pertanian bisa datang ke Kantor BPTP Balitbangtan Kaltim atau ke Taman Teknologi Pertanian (TTP) yang ada di Tenggarong. Ini adalah upaya untuk memperkenalkan pertanian dan teknologi mekanisasi sejak dini kepada anak-anak terutama generasi muda agar dapat mengetahui tentang dunia pertanian," imbuhnya.

Kunjungan kali ini juga di rangkaikan dengan kegiatan penandatanganan MoU kerjasama antara BPTP Balitbangtan Kaltim dengan SD Budi Bakti. Serta penyerahan benih cabai secara simbolis kepada Kepala SD Budi Bakti, hal ini dilakukan dalam upaya memasyarakatkan gerakan pemanfaatan lahan perkarangan,

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com