Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini561
mod_vvisit_counterKemarin752
mod_vvisit_counterMinggu ini1970
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini15970
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1030762

Online (20 menit yang lalu): 17
IP Anda: 34.239.158.107
,
Hari ini: 20 Agus, 2019
Irigasi Curah, Harapan Petani Lahan Kering Kampung Sirau PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Tarbiyatul. M   
Senin, 15 Oktober 2018 10:06

Jam 03.00 dinihari Jum’at (12/10) air mengguyur di Kampung Sirau, walaupun sebelumnya terkadang ada hujan turun sedikit namun petani masih mengeluhkan karena pertumbuhan padinya seperti terhenti alias tidak mau naik.

Sebagai antisipasi kekeringan, BPTP Kaltim melakukan pengkajian pengelolaan Lahan Kering dengan pembuatan irigasi hemat air memanfaatkan sumber air yang tersedia. Irigasi curah bertekanan merupakan teknologi irigasi dengan cara menyemprotkan air ke udara dan menjatuhkannya di sekitar tanaman seperti hujan. Penyemprotan dibuat dengan mengalirkan air bertekanan melalui orifice kecil atau nozzle. Tekanan biasanya didapatkan dengan pemompaan.

Teknik pemberian air sistem curah bertekanan di lahan kering ini diperkenalkan di kawasan perbatasan Kalimantan Timur khususnya petani ladang balik dan juga mengelola tanaman sayuran musiman, seperti cabe merah, cabe rawit, kacang panjang, terong, tomat, labu kuning dan ketimun dsb yang sudah dibudidayakan di Kampung Sirau Kec. Long Hubung Kab. Mahakam Ulu. Harapannya lahan kering dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan pola tanam padi-jagung-sayuran ditambah pengelolaan limbah tanaman pangan sebagai sumber pupuk organik untuk tanaman sayuran berikutnya. Dengan demikian pola pertanian pangan dari sistem ladang balik akan menjadi menetap dan petani termotivasi menanam sayuran karena air tersedia dan tanahnya menjadi subur.

Sosialisai teknologi irigasi curah yang dilaksanakan Jum’at (12/10) yang dihadiri oleh ketua adat Kampung Sirau, Koordinator BPP Kec. Long Hubung, Tokoh masyarakat dan Ketua Poktan Maju Makmur bersama anggotanya mendapat sambutan baik. Karena masyarakat lokal sangat membutuhkan bimbingan pada budidaya sayuran, apalagi Poktan Maju Makmur telah mendapat bantuan alsin “Cultivator”  dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Mahakam Ulu baru-baru ini.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com